Rabu, 06 Sep 2017 10:24 WIB

Sarat Teknologi di Pelaksanaan Haji 2017

Yudhianto - detikInet
Foto: Jemaah haji memasuki kompleks Jamarat. (Triono S/detikcom). Foto: Jemaah haji memasuki kompleks Jamarat. (Triono S/detikcom).
Jakarta - Era teknologi terbukti meningkat di banyak sektor, termasuk pelaksanaan Ibadah Haji 2017. Demi layanan maksimal, Pemerintah Arab Saudi pun memanfaatkan teknologi wearable hingga media sosial.

Salah satunya adalah penggunaan gelang pintar bagi semua peserta Haji 2017. Gelang pintar tersebut dibenamkan informasi pribadi terperinci tentang jemaah, yang memungkinkan pihak berwenang haji untuk mengidentifikasi tiap-tiap individu.

Gelang pintar yang digunakan peserta Haji 2017 juga dibekali GPS, sekaligus memiliki fitur tahan air. Sehingga peserta Haji 2017 tak perlu repot-repot melepasnya ketika ingin melakukan ibadah. Sementara fungsi GPS membantu petugas mengetahui lokasi peserta Haji 2017 ketika ada yang membutuhkan pertolongan.

Menariknya lagi, perangkat ini juga bisa menampilkan informasi multibahasa untuk membimbing jemaah haji yang tidak mampu berbahasa Arab, serta memberi informasi mengenai waktu sholat dan rukun haji.

Teknologi juga dimanfaatkan Pemerintah Arab Saudi di bidang informasi. Dalam upayanya berkomunikasi secara efisien dengan para Jemaah haji, pihak berwenang Arab Saudi akan mengirimkan pesan teks ke telepon genggam para jemaah. Pesan-pesan tersebut berisi informasi untuk memberitahu para jemaah mengenai prosedur haji dalam bahasa mereka masing-masing.

Penggunaan media sosial juga tak luput dari pelaksanaan Ibadah Haji 2017. Pemerintah Arab Saudi merangkul media sosial untuk memberikan bantuan bagi para jemaah, lewat kerja sama yang dijalinnya dengan YouTube untuk menayangkan livestream pelaksanaan ibadah haji.

Sementara Google, iTunes, Twitter, dan Facebook digandeng untuk membuat aplikasi terkait haji.

(yud/yud)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed