Selasa, 05 Sep 2017 19:56 WIB

Masyarakat Indonesia Makin Doyan Belanja Online, Tapi..

Adi Fida Rahman - detikInet
Foto: GettyImages Foto: GettyImages
Jakarta - Penjualan ritel di Indonesia ditengarai tengah menurun tajam. Tapi kondisi berbeda dialami toko online di negeri ini yang penjualannya terus meningkat.

Hal ini diungkap oleh Country General Manager Shopback Indonesia Indra Yonathan. Dia mengatakan penjualan melalui e-commerce terus mengalami peningkatan. Pernyataan ini berdasar hasil survei yang dilakukan pihaknya pada 2.400 responden di tujuh kota.

Dari survei tersebut terlihat 92,3% responden makin sering berbelanja online dibanding tahun lalu. Bahkan mereka kini mengaku makin jarang berbelanja offline lantaran makin banyaknya e-commerce di Tanah Air.

"Dengan makin banyaknya e-commerce memicu adanya shifting dari offline ke online," kata Indra di Jakarta, Selasa (5/9/2017).

Masyaraka Indonesia Makin Doyan Belanja OnlineFoto: Adi Fida Rahman/detikINET


Dalam sebulan, mayoritas responden mengaku berbelanja online sampai 3-5 kali. Alasannya, berbelanja online dirasa lebih lebih nyaman, barang lebih lengkap, dan harganya pun kerap lebih murah ketimbang offline.

"Mungkin tidak perlu macet dan parkir, jadi mereka lebih pilih belanja online," masih kata Indra.

Sejumlah promosi pun makin menggiatkan responden untuk berbelanja online. Apalagi bila promosi tersebut dalam bentuk diskon dan bebas ongkos kirim.

Kendati demikian, responden merasa tidak puas dengan promo diskon yang diberikan e-commerce. Mereka menilai harga kerap dinaikan terlebih dulu. Selain itu harga diskon pun kerap tidak akurat.

"Temuan ini kami harapakan menjadi masukan yang berharga bagi pelaku e-commerce di Indonesia agar mereka terus berinovasi menciptakan pendekatan yang lebih segar guna makin memperkuat kepercayaan masyarakat," pungkas Indra. (afr/rou)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed