Jumat, 01 Sep 2017 12:42 WIB

Nomor Telepon Seleb Bocor Gara-gara Celah Instagram

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Ilustrasi. Foto: Carl Court/Getty Images Ilustrasi. Foto: Carl Court/Getty Images
Jakarta - Instagram mengakui adanya celah keamanan di jejaringnya yang membuat hacker bisa mengakses nomor telepon dan alamat email pengguna Instagram.

Dalam hal ini yang dimaksud bukan pengguna Instagram biasa, melainkan pengguna Instagram terkenal seperti selebritas. Celah ini ditemukan dalam application programming interface (API) Instagram yang berguna agar Instagram bisa berkomunikasi dengan aplikasi lain.

Sayangnya Instagram enggan membuka informasi lebih jauh soal selebritas mana yang menjadi korban dari celah keamanan ini. Namun bisa diasumsikan kalau selebritas yang dimaksud adalah Selena Gomez.

Pasalnya kabar ini muncul hanya dua hari setelah hacker mengobrak-abrik akun Selena Gomez dan memposting foto bugil Justin Bieber yang merupakan mantan pacar Selena Gomez.

"Kami baru-baru ini menemukan adanya satu atau beberapa orang yang bisa mengakses informasi kontak akun pengguna Instagram, terutama alamat email dan nomor telepon, yang didapat dengan mengeksploitasi celah dalam API Instagram," tulis Instagram dalam pernyataannya itu.

Lebih lanjut, Instagram memastikan tak ada password yang bocor dalam kejadian tersebut. Dan jejaring yang kini dimiliki Facebook itu sudah memperbaiki dan menambal celah tersebut dan menjalankan investigasi, demikian dilansir The Verge, Jumat (1/9/2017).

Selain itu Instagram juga sudah mengabari para pemilik akun yang kemungkinan informasi kontaknya bocor soal masalah ini. Mereka pun meminta para pemilik akun untuk berhati-hati apabila menerima panggilan telepon, SMS atau email yang tak dikenal. (asj/fyk)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed