Senin, 21 Agu 2017 08:29 WIB

Waduh, 91 Gunung Berapi Sembunyi di Antartika

Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: Dokumen Mahitala Unpar Foto: Dokumen Mahitala Unpar
Jakarta - Antartika yang wujud datarannya dilapisi oleh es, ternyata memiliki gunung berapi seperti di daerah lainnya. Bukan satu tapi angkanya puluhan gunung berapi dan itu kondisinya tersembunyi.

Dalam studi terbaru melaporkan bahwa gunung berapi tersembunyi di Antartika ini jumlahnya ada 91, di mana sebelumnya tidak diketahui karena berada di bawah es. Kekuatan gunung berapi ini setara dengan vulkanik yang berada di wilayah Afrika Timur dan Amerika utara bagian barat.

Penemuan ini memberikan pengetahuan baru mengenai Antartika. Sebab, benua yang berada di kutub selatan Bumi ini umumnya yang kita ketahui hanya sebuah lapisan es putih megah tergelar dari ujung ke ujungnya.

Dikutip dari The Verge, Senin (21/8/2017), penemuan 91 gunung berapi ini berkat tim peneliti dari University of Edinburgh's School of GeoSciences menggunakan model elevasi digital yang disebut Bedmap 2 DEM. Alat ini menciptakan model elevasi permukaan dengan memanfaatkan pencitraan radara untuk mencari struktur vulkanik.

Waduh, 91 Gunung Berapi Sembunyi di AntartikaFoto: John Bozinov


Sebelum melakukan survei, tim peneliti lebih dulu menciptakan kriteria yang mengarah kepada gunung berapi, mulai dari bentuk kerucut dari panjang, lebar, serta ketinggian lebih dari 328 kaki (100 meter). Setelah itu diperiksa berbagai sudutnya untuk mengetahui bentukannya.

Hasilnya, peneliti menemukan 178 struktur berbentuk kerucut di wilayah yang dinamakan west Antarctic Rift System. Ditelusuri lebih lanjut, peneliti menemukan 138 kemungkinan mengandung vulkanik. Setelah itu diidentifikasi luasnya hingga mendapatkan 91 gunung berapi yang belum pernah ditemukan sebelumnya.

Peneliti menyebutkan bahwa 91 gunung berapi di Antartika ini, kira-kira satu gunungnya bisa mempunyai luas 4.800 mil persegi. Ini menempatkan West Antarctic Rift System sebagai daerah vulkanik paling masif di seluruh dunia yang sebanding dengan rift di Afrika timur.

Apakah 91 gunung berapi itu aktif atau tidak, peneliti belum mengarah ke sana. Sehingga statusnya perlu diungkap lebih lanjut lewat penelitian berikutnya. Peneliti berharap hasil penemuannya ini mendorong untuk mengungkap 91 gunung berapi misterius di Antartika. (afr/afr)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed