Jumat, 18 Agu 2017 17:34 WIB

300 Drone Siap Meriahkan Langit Malam Jakarta

Yudhianto - detikInet
Ilustrasi. Foto: istimewa Ilustrasi. Foto: istimewa
Jakarta - Girlband asal Korea Selatan SNSD bukan satu-satunya daya tarik yang akan muncul di pra event Asian Games 2018, Intel juga bakal memeriahkan dengan menerbangkan ratusan drone malam ini.

Tepatnya adalah 300 drone yang siap diterbangkan Intel. Tak hanya itu, ke-300 drone yang masing-masing dibekali lampu LED tersebut juga akan melakukan pergerakan-pergerakan tertentu yang akan membuatnya seperti melakukan tarian di udara.

"Kami sangat antusias membawa pertunjukan drone cahaya kami, yang pertama kalinya ke Indonesia dalam rangka Asian Games 2018," ujar Natalie Cheung, GM Intel Drone Light Show, di Hotel Shangri-La, Jakarta, Jumat (18/8/2017).

Ditambahkan Natalie, masing-masing drone dibekali software yang merupakan jalur pergerakannya. Selanjutnya untuk memastikan posisi tiap drone agar tak saling tabrak, masing-masing drone dibenamkan sensor yang bisa mengenali posisi drone satu sama lain.

Menariknya lagi, Intel hanya membutuhkan dua pilot untuk menerbangkan ke-300 drone. Tapi berkat software yang tertanam di tiap-tiap drone, pekerjaan kedua pilot bisa dibilang jadi lebih mudah lantaran masing-masing drone telah memiliki jalurnya sendiri-sendiri.

Selain itu agar bisa menjangkau semua drone yang terbang, remote yang digunakan diklaim bisa mencakup hingga 1 km. Namun dijelaskan Natalie, ke-300 drone ketika terbang posisi terjauh hanya berkisar 130 meter.

Demi pertunjukan optimal, lampu-lampu LED yang menempel di drone bernama Shooting Star juga diklaim bisa menghasilkan lebih dari empat miliar kombinasi warna. Intel juga sesumbar proses pemrograman untuk menentukan animasi apa yang bisa ditampilkan ke-300 drone bisa dengan mudah dilakukan melalui software yang tersedia.

"Intel Drone Light Show mulai dikenal banyak orang sebagai bentuk hiburan baru untuk menghiasi langit malam, seperti bisa melukis langit di malam hari dengan animasi cahaya sebagai bentuk komunikasi baru yang menakjubkan," umbar Natalie.

Dinamakan dengan sebutan Intel Drone Light Show, pertunjukan drone oleh produsen chip ini memang bukan yang pertama. Sebelumnya Intel Drone Light Show telah digelar di Australia, Jepang dan Singapura. (yud/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed