Selasa, 15 Agu 2017 08:35 WIB

Ini Jumlah Pengguna Facebook dan Instagram di Indonesia

Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto
Jakarta - Facebook menilai Indonesia merupakan pasar penting baginya. Pasalanya jumlah penggunanya di Indonesia cukup banyak, berapa?

Country Director Facebook Indonesia Sri Widowati mengatakan saat ini ada dua miliar pengguna aktif. Dari jumlah tersebut, Indonesia menyembung lebih dari 100 juta pengguna.

Facebook mencatat pengguna aktif di Tanah Air terus mengalami pertumbuhan. Dalam setahun terkahir peningkatannya mencapai 40%.

"Jumlah pengguna Facebook pada Maret 2016 hanya 82 juta pengguna per bulannya, sekarang 115 juta pengguna per bulannya," ujar perempuan yang dipanggil Wido ini, Jakarta, Senin (14/8/2017).

Wido juga mengungkap tiap harinya rata-rata ada 65 juta pengguna di Indonesia. Sebanyak 97% pengguna mengakses media sosial terbesar di dunia ini lewat smartphone.

Pertumbuhan pengguna rupanya tidak hanya dirasakan oleh Facebook saja, Instagram juga mengalami hal yang sama. Bahkan pertumbuhan pengguna Instagram di Indonesia merupakan yang terbesar di Asia Pasifik.

"Jumlah pemakai Instagram di Indonesia yang mencapai 45 juta per bulan. Ini terbesar di Asia Pasifik. Pertumbuhan jumlah pengguna Instagram di Indonesia juga sangat cepat. Sehingga tak hanya Facebook tetapi juga Instagram yang dipakai setiap harinya," tuturnya.

Melihat besarnya jumlah pengguna Facebook dan Instagram, perusahaan besutan Mark Zukerberg ini memutuskan untuk membuka kantor barunya di Indonesia. Hal ini juga sebagai bagian pemenuhan aturan yang mengharuskan penyedia layanan over the top (OTT) asing harus punya kantor di Tanah Air.

Kantor baru Facebook sendiri berada di lantai 49 Gedung Capital Place, satu kawasan dengan Four Season di Jalan Gatot Subroto, Jakarta. Sebelumnya Facebook sendiri sudah membuka markasnya di Tanah Air sejak 2014. Namun mereka enggan memberikan perincian sifat kantor tersebut. (afr/afr)
-

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed