Jumat, 11 Agu 2017 19:23 WIB

Orang Paling Jago Excel Sedunia Sempat Dianggap Aneh

Rachmatunnisa - detikInet
Foto: CNN Foto: CNN
Jakarta - Seperti kebanyakan remaja penyuka teknologi lainnya, John Dumoulin menghabiskan sebagian besar waktu liburan musim panasnya di depan layar komputer.

Namun bukan bermain 'League of Legends', streaming 'Game of Thrones' atau menonton video YouTube yang dilakukannya, melainkan asyik mengutak-atik Microsoft Excel.

Seperti diketahui, Excel adalah aplikasi spreadsheet yang biasa dipakai berbagai kalangan, mulai dari siswa sekolah, mahasiswa hingga profesional. Identik dengan sesuatu yang berbau 'perkantoran', wajar jika banyak yang heran melihat Dumoulin menekuninya.

Dumoulin yang memenangkan Microsoft Office Specialist World Championship untuk divisi Excel menceritakan, awalnya banyak yang menganggap aneh saat mengetahui dirinya mengikuti kompetisi keahlian Excel.

"Teman-teman banyak yang bingung dengan keikutsertaan saya di kompetisi tersebut. Bahkan banyak yang tidak tahu kalau keahlian ini ada kompetisinya," kata Dumoulin seperti dikutip dari Los Angeles Times, Jumat (11/8/2017).

Perlu waktu bagi Dumoulin menjelaskan kepada teman-temannya. Setiap tahunnya, digelar kejuaraan Microsoft Office. Kompetisi ini mengadu keahlian menggunakan software Microsoft Office, yang di dalamnya termasuk Word, PowerPoint dan Excel.

Certiport, lembaga yang menguji dan memberikan sertifikasi program ini, baru saja mengumumkan pemenang untuk masing-masing kategori: Word, PowerPoint dan Excel. Dumoulin menarik perhatian karena usianya masih muda.

"Setelah tahu seperti apa kompetisi ini, bahwa ini adalah sesuatu yang besar, mereka terkesan bahkan mendukung saya," kata Dumoulin.

Dukungan dari teman dan keluarganya pula yang membuatnya semangat berlatih. Dia bisa menghabiskan waktu berjam-jam 'bermain' dengan angka dan rumus Excel. Keahlian Dumoulin tak sekadar pengguna Excel biasa, tapi benar-benar memanfaatkan setiap fitur dan fungsi yang ada pada aplikasi buatan Microsoft tersebut.

"Saya berusaha yang terbaik untuk membanggakan Amerika Serikat," sebutnya.

Ikut Kompetisi, Jagoan Excel Sedunia Sempat Dianggap AnehFoto: CNN


Usaha Dumoulin tak sia-sia, sebagai pemenang di tingkat nasional di Orlando, dia kemudian dikirim untuk diadu lagi dengan para pemenang nasional dari berbagai negara di tingkat internasional.

Dia mengaku mulai terpikir berkompetisi, setelah beberapa tahun lalu mengikuti sertifikasi Certiport Excel dan mendapatkan nilai tinggi. Sekolahnya pun menerapkan produk Microsoft untuk berbagai tugas sehingga Dumoulin semakin mahir dan terbiasa menggunakannya.

Meski demikian, tidak mudah bagi Dumoulin meraih gelar juara. Dia berkompetisi dengan 560 ribu kandidat dari 122 negara yang mengikuti kejuaraan ini. Untuk kategori Excel sendiri, dia bersaing dengan 150 orang dari 49 negara.

"Awalnya saya tidak terpikir akan menang, karena saya tahu kompetisi ini sangat ketat. Ini adalah salah satu kompetisi terbaik di dunia yang mengadu keahlian orang dari berbagai negara," sebutnya.

Dumoulin sukses mengerjakan tugasnya sehingga keluar sebagai pemenang. Untuk itu, dia diganjar hadiah senilai USD 10.000. Angka ini merupakan total keseluruhan USD 7.000 dari kejuaraan tingkat dunia dan USD 3.000 dari tingkat nasional di Orlando yang dimenangkannya sebelumnya.

"Saya memboyong piala, medali, juga Xbox," kata Dumoulin tersenyum lebar.

Dumoulin yang baru lulus SMA, mengatakan kesibukannya saat ini adalah mendaftar ke kampus yang diminatinya. Fokusnya saat ini adalah melakukan sesuatu yang berhubungan dengan komputer dan bisnis.

Saat ditanya apakah dia berniat melamar pekerjaan di Microsoft setelah lulus kuliah nantinya, Dumoulin menjawab singkat, "Keren juga." (rns/rou)
-

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed