Kamis, 10 Ags 2017 20:03 WIB

Pemanasan, Apple bakal Pre-Launching Pusat Riset Indonesia

Adi Fida Rahman - detikInet
Ilustrasi (Foto: Internet) Ilustrasi (Foto: Internet)
Jakarta - Pembangunan pusat riset Apple di Indonesia sepertinya segera rampung. Pasalnya, mereka akan menggelar hajatan pre-launching dalam waktu dekat sebagai pemanasan.

Informasi tersebut diungkap oleh Dirjen ILMATE Kementerian Perindustrian (Kemenperin) I Gusti Putu Suryawirawan, saat ditemui usai penandatanganan MoU dengan Qualcomm untuk memerangi ponsel ilegal di Indonesia.

"Acaranya 16 Agustus di kampus Binus (Bina Nusantara). Semacam pre-launching pusat inovasi mereka di BSD. Apple yang gelar, mereka undang saya," katanya.

Putu pun mengungkapkan Apple akan membangun tiga pusat riset di Indonesia. Namun dia tidak mengetahui lokasi dua pusat riset lainnya.

Pembangunan pusat riset ini dilakukan untuk memenuhi aturan TKDN 30% yang ditetapkan pemerintah pada ponsel 4G. Apple menginvestasikan dana sebesar USD 44 juta atau sekitar Rp 586 miliar. Tenaga kerja yang terserap dari pembangunan riset ini ditargetkan mencapai 400 orang.

"Saat ini realisasi investasi masih sekitar 30% dari total yang mereka janjikan," kata Putu.

Sebelumnya diberitakan, Apple akan membuka pusat riset pertamanya di Indonesia. Lokasinya berada Green Office Park 9, BSD City, Tangerang Selatan.

Di pusat riset ini, Apple akan mengembangkan inovasi, membuat software, aplikasi, hingga menyiapkan SDM yang berkualitas sesuai dengan standar Apple lewat pelatihan. Diharapkan nantinya produk yang diciptakan tidak hanya aplikasi untuk smartphone, tetapi bisa juga untuk software engineering dan lainnya. (rns/rns)
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed