Kamis, 10 Ags 2017 10:32 WIB

Lekat Teknologi, Kenapa Komunitas Kampus Kurang Digital?

Adi Fida Rahman - detikInet
Christa Sabathaly. Foto: Adi Fida Rahman/detikinet Christa Sabathaly. Foto: Adi Fida Rahman/detikinet
Jakarta - Para mahasiswa memang lebih lekat dengan teknologi. Tapi di kegiatan komunitas kampusnya banyak yang jauh dari kata digital.

Senior Business Manager Line Indonesia Christa Sabathaly mengatakan ada tiga permasalahan dari komunitas kampus. Pertama keinginan, banyak dari mahasiswa belum memiliki keinginan untuk mengelola komunitas kampus melalui platform digital.

"Beberapa hari lalu saya ke kampus dan melihat papan mading kampus. Banyak poster tertumpuk dan tidak up to date. Padahal pesan lebih nyampe jika dilakukan secara digital," kata Christa di acara Media Partner Gathering di Kota Kasablanka, Jakarta, Rabu petang (9/8/2017).

Selanjutnya masalah pemahaman. Menurut Christa saat mahasiswa sudah punya keinginan, mereka belum memahami potensi dari sebuah komunitas digital. Ketika punya keinginan dan pemahaman, sayangnya mereka belum mampu untuk memulai dan mengoptimalkan komunitas yang sudah ada.

Untuk mengatasi tiga masalah tadi, Line coba membesut sebuah solusi. Sejak Februari 2015, perusahaan aplikasi pesan instan yang bermarkas di Shinjuku ini merilis Line@ ( baca Line at).


Line@ ini diperuntukan bagi pebisnis, kreator dan komunitas. Sebab secara jangkauan lebih luas ketimbang Line ID. Perbandingannya, jika Line ID punya teman maksimal 5.000 akun, Line@ lebih banyak, hingga 3 juta akun.

Selain itu, Line@ menawarkan sejumlah fitur, yakni broadcast, timeline post, auto replay, statistics, polling dan survei. Pengguna pun dapat mengatur admin hingga 100 orang.

"Biasanya akun media sosial komunitas di kampus dipegang satu orang. Ketika orangnya tamat, akun jadi terlantar. Karena tidak ada orang lain yang terlibat," ujar Christa.

Line@ sudah tersedia di App Store maupun Play Store. Aplikasi tersebut dapat diunduh secara gratis. Tertarik? (afr/fyk)
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed