Senin, 07 Ags 2017 18:18 WIB

Dewi Persik Jadi Nama Jalan di Bekasi, Google Minta Maaf

Achmad Rouzni Noor II - detikInet
Foto: Mustaqim/detikcom Foto: Mustaqim/detikcom
Jakarta - Nama Jalan Dewi Sartika di Bekasi berubah menjadi Jalan Dewi Persik di Google Maps. Google selaku empunya layanan peta digital pun menyampaikan permohonan maaf.

"Ada kesalahan nama tempat yang muncul di Google Maps yang tidak seharusnya terjadi, dan kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Tim kami telah mengambil tindakan yang diperlukan untuk memperbaiki isu ini," kata perwakilan Google Indonesia kepada detikINET, Senin (7/8/2017).

Dijelaskan lebih lanjut, kumpulan data yang muncul di Google Maps datang dari berbagai sumber. Termasuk dari para penggunanya. Mungkin itulah yang jadi penyebab nama jalan Dewi Sartika berubah menjadi Dewi Persik.

Kejadian ini sontak bikin heboh para netizen. Pemerintah Kota Bekasi pun ikut memprotes munculnya nama Jalan Dewi Persik di Google Maps, yang seharusnya bernama Jalan Dewi Sartika.

Google sendiri memang mengandalkan penggunanya untuk berkontribusi dalam berbagai informasi yang ada di Maps. Cara ini membuat Maps bisa mempunyai informasi yang sangat lengkap karena siapa pun bisa berkontribusi.

Namun di sisi lain, tentu akan ada pengguna yang iseng melakukan perubahan nama Jalan Dewi Sartika menjadi Dewi Persik. Meski sebenarnya setiap perubahan pun harus melalui verifikasi pengguna lain untuk bisa disetujui.

"Google Maps itu kan pengguna bisa suggest edit, supaya Maps bisa jadi lebih komprehensif dan up-to-date. Tapi, ya itu, bawa kemungkinan munculnya inakurasi. Makanya pengguna bisa report inakurasi lewat tool 'report a problem' di Maps, lalu kami eskalasi," sebut perwakilan Google Indonesia. (rou/rou)
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed