Senin, 07 Agu 2017 15:18 WIB

Desak Pacarnya Bunuh Diri, Remaja Putri Ini Dipenjara 15 Bulan

Muhammad Alif Goenawan - detikInet
Foto: BBC Magazine Foto: BBC Magazine
Jakarta - Michelle Carter, remaja putri yang bersalah atas kematian pacarnya dengan mengirim SMS anjuran untuk bunuh diri akhirnya telah dijatuhkan putusan hukuman. Menurut pengadilan Bristol, Carter harus mendekam di penjara selama 15 bulan.

Putusan penjara 15 bulan ini lebih ringan dari ancaman hukuman lebih dari 20 tahun penjara yang ia terima sebelumnya. Carter, saat ini berusia 20 tahun, terbukti melakukan pembunuhan tidak disengaja karena mengirim pesan terhadap Conrad Roy yang mendorong pria itu untuk bunuh diri.

Menurut pengakuan Carter, Roy tak lain adalah pacarnya. Sebelum memutuskan untuk bunuh diri dengan menghidupkan sebuah generator dalam mobilnya di sebuah lapangan parkir di Fairhaven, Massachusetts, Roy memang sempat memiliki pikiran untuk mengakhiri hidupnya.

Pemikiran ini kemudian ia sampaikan ke Carter. Bukannya mencegah, Carter malah mendorong Roy untuk segera mengakhiri hidupnya. Tak tanggung-tanggung, ribuan pesan desakan bunuh diri telah dikirim, salah satunya adalah anjuran dengan menggunakan generator untuk menyedot karbon monoksida.

Foto: BBC

Di suatu momen sebelum bunuh diri, Carter menulis: "Kamu harus melakukannya, Conrad" dan "Yang harus kamu lakukan adalah menghidupkan generator dan kamu akan bebas dan bahagia."

Dalam pembacaan hukuman, seperti dikutip detikINET dari The Register, Senin (7/8/2017), hakim pengadilan Lawrence Moniz mengatakan bahwa ia merasa tindakan Carter dimotivasi. Awalnya ia menjatuhkan hukuman dua setengah tahun penjara, namun dikoreksi menjadi 15 bulan.

Meski nantinya setelah 15 bulan ia lepas dari tahanan, Carter tetap akan mendapatkan pengawasan selama lima tahun ke depan. (mag/rou)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed