Minggu, 06 Ags 2017 17:47 WIB

Software Algoritma Bisa Menurunkan Tingkat Kriminalitas

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Reuters/Kamil Krzaczynski Foto: Reuters/Kamil Krzaczynski
Jakarta - Kepolisian Chicago menggunakan teknologi prediksi berdasarkan algoritma untuk menurunkan tingkat kriminalitas di kotanya. Dan hasilnya terbilang cukup sukses.

Adalah Kepolisian Distrik 7 Chicago yang selama beberapa bulan ke belakang sudah menggunakan teknologi tersebut. Hasilnya, jumlah penembakan menurun sebanyak 39% selama tujuh bulan penggunaannya.

Namun hasil ini memang masih fluktuatif, karena distrik lain belum bisa menikmati keberhasilan teknologi prediksi algoritma. Penurunan kejadian penembakan di distrik lain itu tak terlalu signifikan dibanding di Distrik 7.

Cara kerjanya adalah algoritma bernama HunchLab tersebut menentukan ke mana polisi harus berpatroli pada jam-jam tertentu. HunchLab menentukan hal tersebut dengan menggabungkan data statistik kejahatan dengan data sosial ekonomi, kondisi cuaca dan lokasi bisnis.

Data-data tersebut digabungkan untuk menentukan di mana kejahatan paling mungkin terjadi. Ada juga alat lain seperti Strategic Subject List dan ShotSpotter yang menggunakan data afiliasi gang, catatan penangkapan, dan sensor pendeteksi suara tembakan.

Namun teknologi prediksi algoritma ini hanyalah satu bagian dari upaya penurunan tingkat kriminalitas. Pasalnya polisi masih tetap harus ada di lokasi, serta masih ada faktor lain yang bisa meningkatkan kriminalitas, seperti rendahnya edukasi dan minimnya lapangan pekerjaan, demikian dikutip detikINET dari Engadget, Minggu (6/8/2017). (asj/asj)
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed