Rabu, 02 Agu 2017 18:42 WIB

Line Creativate Jadi Wadah Kreator Digital Unjuk Gigi

Muhammad Alif Goenawan - detikInet
Foto: detikINET/Muhammad Alif Goenawan Foto: detikINET/Muhammad Alif Goenawan
Jakarta - Perlahan tapi pasti, industri digital kreatif di Indonesia terus mengalami pertumbuhan yang pesat. Hal ini menjadi peluang bagi penyedia layanan pesan instant Line menggelar ajang Line Creativate 2017.

Sebagaimana dijelaskan oleh Ongki Kurniawan selaku Managing Director Line Indonesia, Line Creativate 2017 merupakan ajang yang bertujuan untuk mengadu keterampilan pencipta konten digital kreatif.

Line sendiri dalam beberapa tahun telah bertransformasi, tidak hanya menjadi penyedia layanan pesan instan, tapi juga sudah menjadi wadah yang menaungi karya kreatif.

"Ini sudah tahun ketiga Line Creativate digelar. Sejak gelaran pertama dan kedua, Line sebagai platform krratif makin diminati oleh kreator di Indonesia," ujar Ongki memulai pembicaraan dalam jumpa pers di Senayan City, Jakarta, Rabu (2/8/2017).

"Saat ini sudah hampir dua juta pelaku kreatif yang bernaung di Line. Peningkatannya pun mencapai 58%, hampir 60%. Ini angka yang sangat besar. Artinya kreator sudah mulai melihat Line sebagai platform kreatif," tambahnya.

Line Creativate Jadi Wadah Kreator Digital Unjuk Gigi Foto: detikINET/Muhammad Alif Goenawan


Dalam menggarap Line Creativate 2017, Line menggandeng Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) yang memang dibentuk untuk mendukung industri kreatif Tanah Air. Di kesempatan yang sama, Wakil Kepala Bekraf Ricky Pesik mengatakan, aktivitas yang digelar Line sejalan dengan misi yang diemban oleh Bekraf.

"Kegiatan Line Creativate 2017 erat kaitannya dengan tugas Bekraf. Pertama, Bekraf mendukung kreator Tanah Air untuk menjadi berkualitas. Yang kedua, tentu kreator harus bisa memonetisasi karyanya sesuai dengan tujuan Bekraf, yakni turut meningkatkan nilai perekonomian nasional," terang Ricky.

Line Creativate 2017 mengangkat tema 'Indonesia Unjuk Kreatif'. Kompetisi dibuka mulai 2 Agustus sampai dengan 8 Oktober 2017.

Adapun kompetisi yang diadakan seputar smart portal Line, di antaranya Line Webtoon, Line Creator's Market (sticker), Line Chatbot, dan kompetisi kreasi konten lokal Indonesia. Total hadiah yang disediakan lebih dari Rp 350 juta dan dukungan untuk mempublikasikan karyanya di platform kreatif Line. (rns/rns)