Rabu, 02 Agu 2017 15:35 WIB

NASA Buka Lowongan Pasukan Penjaga Bumi, Gajinya Selangit

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Dok. NASA Foto: Dok. NASA
Jakarta - Eksplorasi ke ruang angkasa oleh manusia kini semakin sering dilakukan, dan hal itu membuat National Aeronautics and Space Administration (NASA) perlu mempunyai pasukan penjaga bumi.

Ya, pasukan penjaga bumi. Tugasnya adalah mencegah bumi terkontaminasi hal buruk dari planet lain, dan sebaliknya. Hal buruk yang dimaksud oleh NASA mencakup banyak hal, seperti bakteri, penyakit, dan hal lain, termasuk alien.

Saat ini, hanya ada dua orang yang mengisi posisi Planetary Protection Officer tersebut, satu di NASA dan satu di European Space Agency (ESA). Catharine Conley adalah orang yang mengisi posisi tersebut di NASA sejak 2014.

Kini NASA membuka lowongan untuk mengisi posisi Conley, yang akan pindah ke posisi barunya di Office of Safety and Mission Assurance. Gaji yang ditawarkan untuk menjadi pasukan penjaga bumi itu sangat menggiurkan, bahkan untuk ukuran Amerika Serikat, yaitu USD 124 ribu sampai USD 187 ribu per tahun.

Namun syarat yang harus dipenuhi pun terbilang berat. Kandidat harus mempunyai gelar tinggi di bidang ilmu fisika, engineering ataupun matematika. Ia juga haruslah merupakan pegawai pemerintahan yang cukup senior, dengan pengetahuan luas soal perlindungan planet.

Saat bekerja, salah satu tugas yang harus dilakukan oleh Conley dan timnya adalah mengunjungi berbagai space center di seluruh dunia dan menganalisa robot yang akan dipakai untuk mengeksplorasi planet lain.

Begitu juga dengan sampel-sampel yang diambil dari planet lain, seperti material yang diambil dari Planet Mars. Conley dan timnya harus memastikan tak ada kontaminasi zat berbahaya ketika material tersebut sampai di bumi.

Meski sebenarnya kebanyakan hari Conley ketika masih menjabat dihabiskan dengan membaca banyak email yang diterimanya, ataupun membaca hasil penelitian, proposal dan material lain, demikian dikutip detikINET dari Business Insider, Rabu (2/8/2017). (asj/fyk)
-

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed