Minggu, 30 Jul 2017 15:26 WIB

Trump Ungkap Kekecewaan Berat Pada China via Twitter

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Donald Trump dan istri. Foto: Morris MacMatzen/Getty Images Donald Trump dan istri. Foto: Morris MacMatzen/Getty Images
Jakarta - Presiden AS Donald Trump seringkali menggunakan Twitter untuk mengeluarkan pernyataannya, tak terkecuali pernyataan soal negara lain.

Kali ini Trump menggunakan Twitter untuk mengungkap kekecewaannya soal China, dan menyerang Presiden AS sebelumnya. Pernyataan tersebut diungkapnya melalui dua buah kicauan yang dipostingnya pada Minggu (30/7/2017).

Dalam kicauan itu Trump menyebut orang yang menjabat Presiden AS sebelumnya membiarkan China untuk mengambil banyak keuntungan dari AS. Setelah hal itu terjadi, China pun dianggap oleh Trump tak banyak membantu dalam permasalahan AS dengan Korea Utara.

"Saya sangat kecewa pada China. Pemimpin kami terdahulu yang bodoh membolehkan mereka untuk menghasilkan ratusan miliar dolar pertahun dalam perdagangan, tapi..." tulis Trump pada kicauan pertamanya.

"...mereka tak melakukan apapun untuk kami dengan Korea Utara, hanya berbicara. Kami tak akan membiarkan hal ini terus berlanjut. China bisa memecahkan masalah ini dengan mudah," lanjutnya.

Sebelumnya, Presiden Korut Kim Jong-un menyebut kalau negaranya itu bisa meluncurkan peluru kendali ke mana pun, termasuk wilayah AS. Ia membanggakan keberhasilan uji coba terakhir rudal balistik antar benua mereka, yang digambarkan sebagai 'peringatan tegas' terhadap AS.

Peluncuran rudal antar benua terakhir itu dilakukan tiga minggu setelah tes rudal ICBM pertama Korea Utara. Presiden AS Donald Trump menyebutnya "tindakan terbaru dari rezim Korea Utara yang sembrono dan berbahaya."

Di sisi lain, meski Twitter masih jadi favorit tokoh terkemuka seperti Trump, jumlah penggunanya terus saja stagnan dan laporan keuangannya memburuk. User Twitter stagnan di angka 328 juta dan merugi sebesar USD 116,5 juta dalam laporan keuangan terbarunya. (asj/fyk)
-

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed