Jumat, 28 Jul 2017 09:55 WIB

Serunya Perlombaan ke Antariksa: SpaceX vs Blue Origin vs Virgin Galactic

Fino Yurio Kristo - detikInet
Pesawat Virgin Galactic. Foto: istimewa Pesawat Virgin Galactic. Foto: istimewa
Jakarta - Tiga perusahaan, tiga pesawat luar angkasa dan tiga miliuner. Inilah perlombaan ke antariksa yang sesungguhnya.

Mereka adalah Elon Musk dengan SpaceX, Jeff Bezos dengan Blue Origin, dan Richard Branson dengan Virgin Galactic. Ini kiprah mereka secara singkat dalam mewujudkan ambisi menaklukkan luar angkasa.

Elon Musk - SpaceX - Didirikan Tahun 2002

SpaceX telah melakukan beragam perjalanan ke luar angkasa, yaitu meluncurkan satelit dan menyuplai International Space Station. Perusahaan ini berencana menurunkan ongkos dengan menggunakan roket ulang-alik. Selama ini, roket mereka hanya bisa digunakan sekali saja.
Serunya Perlombaan ke Antariksa: SpaceX vs Blue Origin vs Virgin GalacticFoto: istimewa

Dan pada 30 Maret lalu, SpaceX membuat sejarah karena dapat meluncurkan roket ke orbit, kemudian dapat kembali lagi ke bumi dalam keadaan utuh.

Sejak didirikan, SpaceX telah memenangkan beragam kontrak dari NASA dan sukses melakukan lebih dari 30 misi ke antariksa. Perusahaan ini punya ambisi besar nantinya bisa mewadahi piknik ke bulan bahkan lebih lanjut mampu membuat pesawat menuju Mars dan membangun koloni di sana.

Jeff Bezos - Blue Origin - Didirikan Tahun 2000

Selain membesarkan Amazon, Jeff Bezos punya ambisi lain dengan perusahaan luar angkasa miliknya Blue Origin. Triliuner yang diprediksi segera menyalip kekayaan Bill Gates ini terutama tertarik dengan bisnis wisata ke antariksa.
Serunya Perlombaan ke Antariksa: SpaceX vs Blue Origin vs Virgin GalacticFoto: istimewa

Blue Origin telah berhasil meluncurkan roket ulang alik bernama New Sheperd yang artinya berhasil kembali ke bumi dengan selamat setelah diluncurkan ke luar angkasa. Mirip dengan pencapaian SpaceX.

Bezos berharap wisata pertama ke luar angkasa dapat diwujudkan perusahaannya pada tahun 2017 ini. Belum ada informasi soal tiketnya. Pastinya akan sangat mahal.

Richard Branson - Virgin Galactic - Didirikan Tahun 2004

Seperti Blue Origin, Virgin Galactic fokus untuk mengantarkan turis manusia ke luar angkasa. Perusahaan ini didirikan oleh miliarder asal Inggris, Richard Branson.
Serunya Perlombaan ke Antariksa: SpaceX vs Blue Origin vs Virgin GalacticFoto: istimewa

Ketimbang menggunakan roket tradisional, Virgin Galactic merancang pesawat ulang alik yang disebut SpaceShipTwo. Ia lepas landas seperti pesawat biasa, namun kecepatannya lebih tinggi. Mereka telah menjual tiketnya senilai USD 250 ribu dengan peminat antara lain Justin Bieber.

Sayang pada tahun 2014, salah satu pesawat Virgin Galactic meledak di California dalam uji coba dan membunuh ko pilot. Tapi Branson tetap optimis tragedi itu tidak akan merusak rencana besarnya. (fyk/rns)
-

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed