Selasa, 25 Jul 2017 09:47 WIB

India Larang Mobil Tanpa Sopir Demi Buruh

Yudhianto - detikInet
Ilustrasi mobil otonom Waymo (Foto: Bill Pugliano/Getty Images) Ilustrasi mobil otonom Waymo (Foto: Bill Pugliano/Getty Images)
Jakarta - Sementara negara lain ramai-ramai menguji mobil otonom, India justru punya pemikiran sebaliknya. Demi buruh, katanya.

Pemerintah India memutuskan untuk melarang pengujian mobil otomatis. Alasannya, kehadiran mobil otonom mengancam kelangsungan hidup buruh yang menjadikan profesi mengemudi sebagai mata pencahariannya.

"Kami tidak akan mengizinkan mobil tanpa pengemudi di India. Saya sangat menekankan keputusan ini," kata Menteri Perhubungan India, Nitin Gadkari, seperti dilansir Engadget, Selasa (25/7/2017).

"Kami tidak mengizinkan teknologi apapun yang mengambil alih pekerjaan (manusia). Di negara yang masih ada pengangguran, Anda tak bisa memiliki teknologi yang mengambil alih pekerjaan orang-orang," jelasnya.

Nitin lantas menegaskan, ada sekitar 22 ribu orang di India yang berpangku pada pekerjaannya sebagai pengemudi komersial. Pemerintah India juga telah membuka beberapa fasilitas pelatihan di seluruh wilayahnya untuk menambah lagi kehadiran 5 ribu pengemudi profesional.

Meski pemerintah India telah memutuskan pelarangan mobil tanpa sopir, perkembangan mobil otonom sendiri sebenarnya masih berjalan. Dengan demikian, kehadiran mobil otonom sepertinya tidak akan benar-benar muncul dalam waktu dekat.

Pun begitu, memang sudah ada beberapa negara yang telah berani menjajal penggunaan mobil otonom di jalanan umum.

Di sisi lain, lalu lintas India yang terbilang semrawut mungkin jadi alasan India melarang mobil otonom. Dikhawatirkan, sensor-sensor yang tertanam di mobil otonom tidak bisa bekerja seperti yang diharapkan. (rns/rns)