Rabu, 19 Jul 2017 12:59 WIB

WhatsApp Akhirnya Diblokir di China

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Carl Court/Getty Images/ Foto: Carl Court/Getty Images/
Jakarta - Pengguna WhatsApp di China mengeluh karena akhir-akhir ini mereka tak bisa mengirim pesan, foto dan video melalui jejaring pengiriman pesan itu.

Sejumlah analis keamanan cyber menyebut hal ini disebabkan oleh pemerintah China, alias diblokir. Dan pemblokiran sementara terhadap layanan milik Facebook ini bisa saja berkembang menjadi pemblokiran penuh.

Jika akhirnya nanti diblokir penuh, WhatsApp akan bergabung dengan sejumlah layanan dan situs lain yang sudah masuk ke dalam daftar blokir -- yang daftar isinya terus bertambah setiap hari.

Sebelumnya, WhatsApp memang masih bisa diakses di China, berbeda dengan dua saudaranya -- Facebook dan Instagram -- yang sama-sama tak bisa diakses kecuali menggunakan virtual private network (VPN).

Pemblokiran WhatsApp -- dan aplikasi lainnya ini tentunya akan menguntungkan bagi aplikasi lokal yang sejenis. Contohnya WeChat, yang tanpa pemblokiran WhatsApp pun sebenarnya sudah sangat besar dan populer di China.

Contoh lainnya adalah pemblokiran Google, yang tentu menguntungkan pesaing lokalnya, yaitu Baidu, dan Weibo yang merupakan Twitter versi China, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Rabu (19/7/2017). (asj/fyk)
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed