BERITA TERBARU
Senin, 17 Jul 2017 14:34 WIB

Fintech Picu Pertumbuhan Aplikasi Keuangan

Muhammad Alif Goenawan - detikInet
Foto: GettyImages Foto: GettyImages
Jakarta - Pertumbuhan perusahaan keuangan berbasis digital atau financial technology (fintech) saat ini sangat pesat. Hal ini turut menumbuhkan jumlah penggunaan aplikasi keuangan.

Berdasarkan laporan App Annie penggunaan aplikasi keuangan di tahun 2016 meningkat 36% dibandingkan tahun 2015. Bahkan, Korea Selatan dan Australia memiliki pertumbuhan dua kali lipat di tahun 2016 dibandingkan tahun 2014.

"Jumlah download aplikasi keuangan di seluruh dunia meningkat 100% selama dua tahun terakhir. Sementara di pasar Asia Pasifik, pertumbuhan tingkat download pada aplikasi keuangan bahkan melampaui pertumbuhan tingkat download untuk seluruh aplikasi non-game," ujar Danielle Levitas, SVP Research and Marcom, App Annie dalam keterangannya, Senin (17/7/2017).

Danielle menambahkan jika aplikasi memberikan peranan unik untuk memperdalam hubungan dengan konsumen dan menyediakan layanan keamanan transaksi keuangan yang mudah, aman serta personal. Bank pun mendapat keuntungan dengan adanya pengurangan biaya transaksi di cabang dan menciptakan peluang penjualan baru.

Tak hanya itu, aplikasi juga dinilai mampu membuka jalan bagi pelaku fintech yang berpotensi melengkapi. Namun, hal ini justru bahkan mengganggu layanan bank-bank mapan melalui layanan inovatif.

Karenanya, menurut Daniella bank harus mengikuti perkembangan teknologi baru dan keinginan konsumen untuk mendapatkan pengalaman dalam menggunakan aplikasi terbaik di kelasnya. "Bank yang gagal beradaptasi bisa mulai ditinggalkan oleh konsumennya," tutupnya. (mag/fyk)
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed