Pakai Facebook Messenger, Siap-siap 'Diganggu' Iklan

Pakai Facebook Messenger, Siap-siap 'Diganggu' Iklan

Yudhianto - detikInet
Rabu, 12 Jul 2017 16:14 WIB
Penampakan iklan di layanan Facebook Messenger. Foto: facebook
Jakarta - Selain WhatsApp, pengguna layanan pesan instan dengan jumlah terbanyak juga dipegang Facebook Messenger. Potensi ini pun tak ingin disia-siakan Facebook dan siap melakukan monetisasi. Bagaimana caranya?

Dengan menggunakan iklan. Jadi jangan kaget kalau nantinya pengguna Facebook Messenger tiba-tiba dikejutkan oleh kemunculan iklan di layar percakapannya. Facebook menyebut pengujian secara global akan segera dilakukan dalam waktu dekat.

Facebook sendiri sebenarnya telah menjajal kemunculan iklan di layanan Messengr sejak beberapa waktu lalu. Hanya saja sebelumnya pengujian terbatas di Thailand dan Australia. Facebook menjanjikan iklan di layanan Messenger bakal benar-benar muncul pada akhir bulan Juli ini, demikian seperti dilansir Phone Arena, Rabu (12/7/2017).

Facebook juga menyebut pengiklan sudah bisa memesan space iklan sesaat setelah pengujian selesai dilakukan.

Tapi sebenarnya kemunculan iklan tak benar-benar hadir di layar percakapan, melainkan di daftar percakapan pengguna. Sedangkan di layar percakapan, pengguna bisa seperti biasa mengobrol tanpa gangguan iklan.

Analis menyebut hadirnya iklan di Messenger menjadi cara Facebook menemukan langkah monetisasi untuk layanan pesan instan miliknya. Kalau berhasil, bukan tak mungkin raksasa media sosial ini mengimplementasikannnya di WhatsApp notebene juga miliknya.

(yud/rou)