Senin, 10 Jul 2017 15:41 WIB

Viral! Motor Matik Sekeluarga Remnya Blong di Turunan Mojokerto

Yudhianto - detikInet
Motor matik sekeluarga rem blong di turunan di Mojokerto, Jawa Tumur. Foto: semarrelawan Motor matik sekeluarga rem blong di turunan di Mojokerto, Jawa Tumur. Foto: semarrelawan
Jakarta - Beredar sebuah video di media sosial yang menunjukkan kejadian rem blong yang dialami motor matik ketika melaju di turunan daerah Mojokerto, Jawa Timur.

Lebih parahnya lagi, motor matik yang dimaksud ditumpangi satu keluarga termasuk istri dan anak pengendaranya.

Kejadian bermula ketika di turunan yang berlokasi Pacet, Mojokerto tersebut tampak ramai lancar. Namun tiba-tiba saja terlihat sebuah motor matik yang tidak mengurangi kecepatan, padahal di depan turunan terdapat belokan yang berhadapan langsung dengan jurang.

Belakangan diketahui kalau motor matik tersebut mengalami rem blong, sehingga tak mampu mengurangi kecepatan. Untungnya warga di sekitar sudah sigap mengantisipasi kejadian semacam ini dan telah menyiapkan sand trap.

Motor yang mengalami rem blong tersebut pun kemudian diarahkan ke sand trap, untuk dipaksa berhenti. Dan untungnya, goncangan akibat sand trap tidak membuat satu pun penumpang dan pengendara terluka. Selain itu laju motor juga bisa dihentikan tanpa kerusakan serius.

Melihat sigapnya masyarakat sekitar yang menyediakan sand trap, bisa dipastikan kalau kejadian rem blong sudah biasa terjadi di daerah tersebut. Sehingga antisipasi telah disiapkan untuk menghindari korban jiwa.

Di sisi lain, pengendara kendaraan sebaiknya juga harus waspada bila melalui jalur turunan. Karena rem yang dipaksa bekerja ekstra, kejadian rem blong bisa terjadi lantaran panas yang berlebih, terutama di kendaraan bertransmisi otomatis yang berpangku sepenuhnya pada perangkat rem untuk mengurangi lajunya.

Sejauh ini video yang di-posting di Instagram tersebut telah ditonton oleh sekitar 53 ribu pemirsa. Sementara komentar yang menanggapi kejadian ini mencapai lebih dari 300 komentar. Berikut videonya.



(yud/fyk)
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed