Jumat, 07 Jul 2017 09:55 WIB

Mereka Punya Triliunan Tapi 'Pelit' Bagi Warisan

Fino Yurio Kristo - detikInet
Pierre Omidyar. Foto: istimewa Pierre Omidyar. Foto: istimewa
Jakarta - Ada cukup banyak orang terkaya di dunia ini yang menyatakan tidak akan memberikan banyak harta bagi keturunannya. Apa alasannya?

Tak lain karena mereka ingin menyumbangkan sebagian besar kekayaannya itu untuk amal. Walaupun memang bagian yang akan diberikan pada anak mereka, meskipun persentasenya tidak sangat tinggi, tetap luar biasa banyak. Ini di antaranya dari sektor teknologi.

1. Bill Gates

Sudah lama Bill Gates jadi orang paling banyak uangnya sejagat. Harta terkininya diestimasi USD 88,8 miliar. Berulangkali ia menyebut, hartanya sebagian besar akan diamalkan melalui yayasan Bill & Melinda Gates Foundation.

"Tidak baik buat anak-anak jika memberikan mereka kemakmuran dalam jumlah begitu besar. Itu akan mengganggu apapun yang mungkin akan mereka lakukan, mereka harus membuat jalannya sendiri," sebut Bill suatu ketika.
Mereka Punya Triliunan Tapi 'Pelit' Bagi WarisanBill Gates. Foto: internet

"Uang ini didekasikan untuk membantu mereka yang termiskin, dan mereka tahu itu, mereka juga bangga akan hal itu, mereka telah melihat pekerjaan yang sudah dilakukan (oleh yayasan-red)," papar Bill.

2. Mark Zuckerberg

Sang pendiri dan CEO Facebook Mark Zuckerberg kekayaannya saat ini diperkirakan USD 63,7 miliar. Bersamaan dengan kelahiran anak pertamanya Max pada akhir tahun 2015, Zuck mendirikan yayasan Chan Zuckerberg Initiative.

Tak tanggung-tanggung, Zuck berencana memberikan 99% hartanya secara bertahap pada yayasan itu, yang mengusung beragam misi kemanusiaan. Sehingga hanya bagian kecil yang akan diwariskan pada anak-anaknya kelak.
Mereka Punya Triliunan Tapi 'Pelit' Bagi WarisanMark Zuckerberg. Foto: Instagram


"Kami akan memberikan 99% saham Facebook milik kami selama hidup untuk memajukan misi ini. Kami ingin melakukan apa yang kami bisa," sebut suami Priscilla Chan itu.

3. Pierre Omidyar

Pierre Omidyar, sang pendiri eBay, menjadi kaya raya ketika website lelang ciptaannya itu berjualan di bursa saham pada tahun 1998. Saat ini, harta kekayaannya diestimasi USD 8,1 miliar.

Sama seperti Bill Gates dan Zuckerberg, Omidyar yang bapak tiga anak ini mengikuti inisiatif Giving Pledge. Program yang digagas Bill dan Warren Buffet itu meminta orang kaya berkomitmen menyumbangkan sebagian besar hartanya bagi kemanusiaan.

"Kami sudah memiliki lebih banyak uang dari yang dibutuhkan keluarga kami. Tidak perlu untuk menahannya jika bisa digunakan untuk membantu menyelesaikan beberapa masalah di dunia ini," tandasnya. (fyk/fyk)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed