Senin, 03 Jul 2017 13:39 WIB

Ini Perbandingan Tarif Taksi Online dan Konvensional, Pilih Mana?

Adi Fida Rahman - detikInet
Foto: ilustrasi Luthfi Syahban Foto: ilustrasi Luthfi Syahban
Jakarta - Aturan yang ditetapkan Kementerian Perhubungan tidak lagi membuat tarif taksi online murah. Pasalnya jumlah yang dibayarkan pelanggan tidak jauh berbeda dari taksi konvensional.

Berdasarkan aturan teknis Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 26 Tahun 2017, tarif taksi online dibedakan berdasarkan dua wilayah.

Wilayah pertama meliputi Sumatera, Jawa dan Bali. Di ketiga kawasan ini ditetapkan tarif bawah sebesar Rp 3.500 per km. Sedangkan tarif atas Rp 6.500 per km.

Sementara wilayah dua meliputi Kalimantan, Sulawesi dan Papua. Tarif di ketiga area ini dibuat sedikit lebih tinggi. Tarif batas bawahnya Rp 3.700 per km, sedangkan tarif atas Rp 6.500 km.

Mari kita bandingkan dengan tarif taksi di wilayah Jabodetabek. Berdasar instruksi Organisasi Angkutan Darat (Organda) DKI Jakarta, tarif buka pintu dikenakan Rp 6.500. Sementara tarif perjalanannya dikenakan Rp 3.500 per km.

Melihat tarif tersebut, ongkos taksi online dan konvensional tidak jauh berbeda. Mungkin selisihnya ada pada biaya buka pintu saja.

Misalnya Budi melakukan perjalanan berjarak 10 km di kondisi normal. Maka estimasinya taksi online sebesar Rp 35.000. Sementara taksi konvensional sebesar Rp 41.500.

Nah Anda sebagai konsumen dengan dihadapkan dengan dua tarif yang tidak jauh berbeda, kira-kira pilih taksi online atau konvensional? Sampaikan pilihanmu dan alasannya di kolom komentar ya. (afr/fyk)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • Tips Sewakan Apartemen Lewat Internet

    Tips Sewakan Apartemen Lewat Internet

    Kamis, 19 Okt 2017 17:51 WIB
    Internet jadi pilihan mudah dalam mempromosikan apartemen yang akan disewakan. Namun ada sejumlah hal yang harus diperhatikan agar apartemen cepat tersewa.
  • Orang Kota Cari Apartemen Secara Online

    Orang Kota Cari Apartemen Secara Online

    Kamis, 19 Okt 2017 17:07 WIB
    Dulu, menyambangi kantor properti menjadi cara paling mudah mencari apartemen idaman. Tapi kini tren berubah, masyarakat kota lebih memilih lewat jalur online.
  • Begini Cara Pantau Lokasi Teman di WhatsApp

    Begini Cara Pantau Lokasi Teman di WhatsApp

    Kamis, 19 Okt 2017 15:47 WIB
    Ketersediaan Live Location WhatsApp sedang dirilis bertahap bagi semua pengguna. Berikut cara kerja fitur baru yang bisa dipakai untuk memantau lokasi tersebut.