'Obama Sangat Indonesia'

'Obama Sangat Indonesia'

Adi Fida Rahman - detikInet
Minggu, 02 Jul 2017 08:13 WIB
Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Ada kesan menarik yang dirasakan CEO Bukalapak Achmad Zaky saat bertemu singkat dengan Barack Obama. Mantan Presiden Amerika Serikat itu dinilainya sangat ramah.

"Humble dan friendly, sangat Indonesia," kata Zaky saat dihubungi detikINET, Sabtu malam (1/7/2017).

Pertemuan Zaky dan Obama sendiri terjadi saat Kongres Diaspora Indonesia keempat yang berlangsung di Kota Kasablanka, Jakarta. Para pembicara dalam acara tersebut diberi berkesempatan bertemu di belakang pangung.

"Saat bertemu, beliau duluan menyapa pakai bahasa Indonesia, 'Apa Kabar?'," cerita Zaky.

CEO Bukalapak Achmad ZakyCEO Bukalapak Achmad Zaky Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET

Pria kelahiran Sragen itu pun langsung mengenalkan diri sebagai Founder dan CEO Bukalapak. Tidak disangka Obama pun langsung merespon.

"Obama nyeletuk 'Oh kamu pemuda jenius itu ya'. Saya bilang oh bukan, ini teman saya yang Co-Founder. Dia mendapat IPK 4," ungkap Zaky.

Dalam acara Kongres Diaspora Indonesia keempat sendiri, Zaky sempat berbicara mengenai entrepreneurship di era digital. Dia mengatakan kita harus bersyukur bahwa Indonesia memiliki banyak masalah. Pasalnya dia banyak menemui teman-teman di Sillicon Valley atau negara lain sulit mencari masalah.



"Masalah adalah bahan bakar inovasi. Saya yakin dari Indonesia bisa lahir inventor atau innovator asalkan tekun dari kecil mengasah keahlian dan mempertemukan keahlian tersebut dengan masalah-masalah tadi," papar Zaky.

Dalam kesempatan ini, Bos Bukalapak menghimbau diaspora yang belum punya pengalaman diminta untuk tidak pulang dulu. Disarankannya untuk menimba pengalaman lebih banyak.

"Ambil ilmu sebanyak-banyaknya diluar, baru kembali ke Indonesia menciptakan inovasi," pungkas Zaky. (afr/mag)