Selasa, 20 Jun 2017 10:46 WIB

Catatan dari Tokyo

Brown, Karakter Favorit Bos Line

Adi Fida Rahman - detikInet
Foto: detikINET/Adi Fida Rahman Foto: detikINET/Adi Fida Rahman
Jakarta - Ada cerita menarik ketika detikINET berjumpa CEO dan Representative Director Line Corporation Takeshi Idezawa kala bertemu di Tokyo. Kami menanyakan apa Brown menjadi karakter favoritnya.

Pertanyaan itu muncul lantaran detikINET melihat pin Brown yang ada tersemat di jas Takeshi. Dia pun membenarkan bahwa karakter beruang coklat itu yang paling disukainya.

"Iya, Brown adalah karakter favorit saya," ujarnya kala itu.

Takeshi pun memberitahukan alasanya kenapa ia suka sekali dengan Brown. Menurutnya Brown punya karakter yang unik ketimbang Sally, Cony atau Moon.

"Wajah Brown itu polos. Tidak memiliki ekpresi. Itulah kenapa saya suka sekali dengan dia," tutur Takeshi.

Karakter Lokal
Dalam kesempatan ini, Takeshi pun menceritakan bagaimana pihaknya mengembangkan karkater Line yang terlihat lucu dan mengemaskan. Mereka mengawalinya dengan riset yang cukup mendalam.

Brown, Karakter Favorit Bos LineFoto: afr/detikINET


Aplikasi pesan yang bermarkas di Jepang itu mengerahkan sejumlah artis ilustator untuk memuat beragam karakter. Setelah dirancang, Line pun melakukan survei ke berbagai kalangan.

"Kami melakukan survei ke anak-anak sekolah, anak muda, karyawan bahkan ibu rumah tangga," ungkap Takeshi.

Setelah melihat hasil survei, kemudian Line memutuskan karakter mana yang akan dirilis. Bukan yang paling banyak dipilih, melainkan karakter yang benar-baran mewakili kalangan niche.

Strategi ini cukup berhasil. Lihat saja Choco yang dirilis tahun lalu langsung direspon sangat baik dan menjadi salah satu karakter yang difavoritkan banyak pengguna Line.

Lantas apakah Line akan membuat karakter lokal suatu negara di mana layanannya hadir?

"Ya kami memang ada rencana untuk membuat karakter lokal. Tapi saat ini masih dipertimbangkan," pungkasnya. (afr/afr)