Rabu, 14 Jun 2017 11:45 WIB

Teka-teki Proyek Mobil Otonom Apple Terjawab

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Ilustrasi Mobil Otonom. Foto: Istimewa Ilustrasi Mobil Otonom. Foto: Istimewa
Jakarta - Proyek mobil otonom Apple sebenarnya sudah menjadi rahasia publik sejak beberapa lama, namun perusahaan asal Cupertino, AS itu belum pernah mengkonfirmasinya sampai saat ini.

Namun dalam wawancara dengan Bloomberg baru-baru ini, CEO Apple Tim Cook akhirnya mengeluarkan pernyataan soal proyek mobil otonom itu. Dalam wawancara tersebut Cook menjelaskan kalau proyek tersebut awalnya bernama Project Titan, yang awalnya bertujuan untuk mendesain sebuah mobil otonom secara komplit.

Namun dalam perkembangannya, rencana tersebut akhirnya berubah menjadi tim kecil yang beranggotakan 1000 orang pada Oktober 2016 lalu. Dan hal yang tersisa dari proyek tersebut adalah pengerjaan sistem otonom mobil, yang dianggap sebagai induknya semua proyek artificial inteligence (AI) atau kecerdasan buatan yang ada.

Jadi, Project Titan yang dikerjakan Apple itu secara garis besar hanyalah sebuah sistem atau software untuk mobil otonom. Namun bisa saja di masa yang akan datang sistem tersebut digunakan dalam berbagai situasi yang membutuhkan sistem otonom.

Namun Cook menolak untuk menjelaskan secara spesifik soal Project Titan yang digarapnya itu. Lagipula, bisa saja proyek ini tak dilanjutkan oleh Apple, karena keputusan untuk hal itu akan terjadi pada akhir 2017 ini, demikian dikutip detikINET dari Phone Arena, Rabu (14/4/2017). (asj/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed