Kamis, 01 Jun 2017 09:13 WIB

Bulan Puasa, Masyarakat Indonesia Suka Belanja Online Apa?

Muhammad Alif Goenawan - detikInet
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - Aktivitas belanja online di Indonesia selama bulan Ramadhan masih cukup tinggi. Lazada pun mencatat ada beberapa kategori yang disukai oleh masyarakat selama bulan Ramadhan ini.

Sebagai salah satu situs e-commerce terbesar di Indonesia, Lazada menyajikan beragam kategori belanja yang lengkap, mulai dari gadget, fashion, hingga food and beverage. Bila hari-hari biasanya kategori gadget menjadi kategori yang paling diminati, maka di bulan Ramadhan ini kategori food and beverage justru melonjak tinggi.

"Untuk berapa persennya maaf kami tidak bisa sebut. Tapi yang pasti di hari-hari biasanya tidak menjadi best seller, tapi ketika bulan Ramadhan malah best seller," tutur Haikal Bekti Anggoro, Head of Online Marketing Lazada Indonesia kepada detikINET, selepas buka bersama di Hotel Aston, Jakarta.

Biasanya, lanjut Haikal, kategori food and beverage ini tinggi di awal bulan Ramadhan. Berbeda ketika nanti masuk ke pertengahan bulan puasa, di mana kategori fashion wanita memiliki traffic yang tinggi.

Foto: detikINET - Muhammad Alif Goenawan

"Fashion wanita biasanya belanja gamis, kaftan, mukena, dan pakaian muslim lainnya. Beda kalau pria biasanya kan baru belanja pakaian musim pas dekat-dekat mau Lebaran. Wanita sepanjang bulan puasa, mungkin buat acara buka bersama dan sebaginya," terang Haikal.

Nah, ketika sudah terima THR biasanya kategori akan kembali normal, yakni seputaran gadget, elektronik, dan perabotan rumah tangga, seperti AC, microwave, kulkas, dan lain-lain.

Sementara itu, untuk menghadapi lonjakan traffic, pihak Lazad mengaku sudah mempersiapkan berbagai strategi untuk menghadapinya agar nanti tidak terjadi black out. "Kami di Lazada selalu simulasi lonjakkan traffic, bahkan sebelum bulan puasa. Jadi, diharpakan nantinya tidak akan terjadi hal buruk," papar Haikal. (mag/mag)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed