Resep Kue Lebaran Sudah Dicari Netizen

Resep Kue Lebaran Sudah Dicari Netizen

Adi Fida Rahman - detikInet
Senin, 29 Mei 2017 17:32 WIB
Foto: Reuters
Jakarta - Puasa Ramadan baru saja dimulai beberapa hari lalu. Tapi netizen di Tanah Air sudah mencari resep kue lebaran.

Hal tersebut terungkap dari daftar kata kunci yang banyak digunakan pada pencarian Google sepanjang pekan terakhir bukan Mei. Resep kue lebaran menjadi salah satu yang terpopuler yang terpantau oleh Google Trends.

Penyanyi religi Maher Zain juga banyak dicari. Selain itu menu buka puasa, arah kiblat, lagu Ramadan dan tempat ngabuburit di Bandung terpantau turut populer dipakai netizen

Menurut Head of Marketing Google Indonesia Veronica Utami, pencarian yang dilakukan netizen selama bulan Ramadan selalu mengalami peningkatan. Catatan mereka tahun lalu peningkatannya mencapai 63% dari tahun 2015.

Dari keyword yang banyak dicari pengguna, Google pun menyimpulkan bahwa netizen di Tanah Air ingin menjadi manusia yang lebih baik sepanjang Ramadan.

"Pencarian jadwal sholat dan puasa meningkat 10 kali di banding hari biasa. Infaq, shodaqoh dan zakat meningkat 5 kali," ungkap Veronica di peluncuran fitur baru Google di Rumah Imam Bonjol, Jakarta, Senin (29/5/2017).

Google melihat salah satu fokus netizen selama Ramadan adalah makanan. Mereka kerap mencari beragam resep menu berbuka dan sahur. Tidak ketinggalan mereka mencari tempat untuk berbuka bersama.

Lebih lanjut diungkap Veronica, selama Ramadan konsumsi video di YouTube makin meningkat. Dan selama bulan puasa, ada pola yang berbeda dari kebiasaan menonton.

Banyak netizen sahur sembari menonton YouTube. Grafik terus meningkat dan puncaknya pada pukul 11 siang.

"Untuk menganti waktu makan siang, banyak orang yang memilih menonton YouTube," kata Veronica.

Adapun konten yang banyak dipilih komedi dan musik. Tapi sejumlah konten mengalami peningkatan signifikan. Konten tersebut meliputi resep makanan, beauty dan lifestyle.

"Saat Ramadan banyak yang berhijab, karena itu konten tutorial berhijab sangat diminati saat Ramadan," pungkas Veronica. (afr/fyk)