Bom Kampung Melayu Pertama Dilaporkan Netizen Pukul 20.58 WIB

Bom Kampung Melayu Pertama Dilaporkan Netizen Pukul 20.58 WIB

Muhammad Alif Goenawan - detikInet
Kamis, 25 Mei 2017 14:33 WIB
Foto: screenshot detikINET
Jakarta - Di era digital saat ini, media sosial menjadi sarana bagi masyarakat untuk melaporkan peristiwa yang terjadi dengan cepat. Tak ketinggalan, cerita soal ledakan bom yang terjadi di area Terminal Kampung Melayu tadi malam, Rabu (24/5/2017).

Menurut keterangan berdasarkan kesaksian di sekitar lokasi kejadian, ledakan terjadi sebanyak dua kali. Akan tetapi, belum ada informasi akurat kapan persisnya bom pertama meledak karena masih menunggu hasil dari rekaman CCTV.

Namun, bila ditelaah dari kicauan Twitter masyarakat yang berada di tempat kejadian, diduga bom tersebut meledak sebelum pukul 21:00 WIB. Salah satu netizen pertama yang melaporkan adanya ledakan di Kampung Melayu itu, melaporkan kejadian dengan catatan waktu pukul 20.58 WIB.



Melalui akun @ikhsan_agustama, ia melaporkan bahwa telah mendengar adanya ledakan yang keras ketika melintas di atas flyover Kampung Melayu. "Di kampung melayu ada yg meledak!! Apaan tuh ye? Gwe pas diatas flyover kampung melayu pulak!#LiveReport#KebetulanLewat," cuit Ikhsan.

Tak lama setelah kicauan pertama, yakni tiga menit kemudian, Ikhsan kembali berceloteh lewat Twitter. "Anjir!! Kerasa ledakan kedua!! Parah!! Mana macet lg ni flyover kampung melayu!," cuitnya pada pukul 21.01 WIB.

Selain Ikhsan, ada pula netizen lain yang turut melaporkan situasi mencekam di Kampung Melayu dengan cepat, yakni akun @vorexell dan @cippy_85 di waktu yang bersamaan, yakni 21.02.



"Di kampung melayu terminal ada ledakan berasal dari busway transjakarta 2x," ujar akun @vorexell. "Ada 2x ledakan d terminal kampung melayu... Ngacir menyelamatkan diri. Kayaknya ada korban jiwaaaaa," cuit @cippy_85.

Meski ketiganya menjadi yang paling cepat dalam memberitakan peristiwa di Twitter, ada satu akun yang kicauannya paling banyak di-retweet, yakni akun @leonardSA di pukul 21.05. Kicauan akun ini telah di-retweet sebanyak 417 kali dan mendapat like 57 kali.

detikcom sendiri merupakan salah satu media yang tercepat mengabarkan peristiwa ini pada pukul 21.05 WIB: Ada Ledakan di Terminal Kampung Melayu, Warga Panik. Memang tak lebih cepat dari para netizen yang telah disebut di atas, karena kami memerlukan proses verifikasi terlebih dahulu.

Penasaran dengan cara kerja detikcom yang memberitakan dengan begitu cepat? Simak saja dalam Surat dari Buncit berikut ini: Bagaimana detikcom Sangat Cepat Memberitakan Bom Kampung Melayu.
(mag/rou)