Rabu, 24 Mei 2017 11:57 WIB

Ini Rahasia yang Mengantar Si Bocah Miskin Jadi CEO Google

Fino Yurio Kristo - detikInet
Sundar Pichai. Foto: detikINET/Achmad Rouzni Noor II Sundar Pichai. Foto: detikINET/Achmad Rouzni Noor II
Jakarta - Apa rahasia sukses seorang Sundar Pichai sehingga menjadi CEO alias orang nomor satu di perusahaan sebesar Google? Di samping otak cemerlang dan keberuntungan, Sundar ini sepertinya sudah maniak belajar sejak masa kecilnya.

Saksikan video 20detik tentang bos Google di sini:


Saat remaja, sang paman bernama S Raman berkisah kalau Sundar mampu mengingat semua nomor telepon yang dihubunginya. Sedangkan di sekolah, Sundar sangat tertarik pada sains tapi lemah di pelajaran seperti sejarah.

"Dia siswa brilian namun tidak suka geografi dan sejarah sehingga tak pernah ranking satu. Selalu di sekitar ranking 4," kisah Raman yang dikutip detikINET dari The Hindu.

Sundar dikenal pula kutu buku dan jarang bermain di luar karena menghabiskan banyak waktunya untuk belajar dan belajar. Maka temannya pun tidak terlalu banyak

"Tak pernah dia main keluar, selalu saja belajar. Dia kadang ke sekolah memakai becak dan itupun sambil membaca buku terus. Bahkan tak peduli dengan gadis di sampingnya," kata tetangga Sundar, Kumar Sankaralingam.

Sundar diterima di kampus bergengsi di India, Indian Institute of Technology Kharagpur. Prestasinya sangat baik sehingga menerima beasiswa S2 dari universitas tersohor di Amerika Serikat, Stanford.

Petualangannya di Amerika Serikat berjalan cukup mulus hingga akhirnya diterima di Google pada tahun 2004. Karirnya tak terbendung, hingga akhirnya Sundar ditunjuk menjadi CEO Google pada tahun 2015. Kekayaan dan ketenaran telah diraihnya.

"Kami selalu tahu dia akan menjadi orang besar dan sangat bangga dengan prestasinya. Dia pantas mendapatkannya karena pintar dan selalu bekerja sangat keras," kata paman Sundar, Vasudeven Pichai. (fyk/fyk)
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed