Selasa, 23 Mei 2017 16:40 WIB

Ragam Keseruan ala Line Buat Ngabuburit

Adi Fida Rahman - detikInet
Foto: Adi/detikcom Foto: Adi/detikcom
Jakarta - Bulan ramadan sudah di depan mata. Serangkaian program pun telah dipersiapkan Line untuk memberikan keseruan saat menunggu buka puasa atau ngabuburit.

Dipaparkan Managing Director Line Indonesia Ongki Kurniawan, pihaknya berupaya menjadi smart portal di 2019. Salah satu upaya yang dilakukan adalah menghadirkan program khusus selama bulan ramadan.

"Kami ingin menghadirkan konten yang memberikan keberkahan. Tidak saja memaksimalkan ibadah selama bulan puasa tapi juga mempererat silahturahmi dengan keluarga dan teman lewat cara yang unik dan menyenangkan," kata Ongky saat pemaparan rencana bisnis Line selama Ramadhan di Jakarta, Selasa (23/5/2017).

Konten pertama yang dihadirkan adalah sticker khas Ramadhan. Berbeda dari sebelumnya, sticker yang dihadirkan kini dibuat animasi dan bersuara. Stiker tersebut dapat diunduh secara gratis oleh para pengguna.

Aplikasi pesan yang bermarkas di Jepang itu turut membuat official account Line Ramadhan. Akun ini sebenarnya sudah hadir sejak 2016 dan telah diikuti lebih dari 6 juta pengikut. Namun Line menambahkan fitur baru.
Line Siapkan Banyak Keseruan Saat NgabuburitFoto: Adi/detikcom

"Ada jadwal sholat, doa harian, tips Ramadhan, konten untuk ngabuburit dan terbaru Line Makan," kata Revie Sylviana, Business Development Director Line Indonesia di tempat yang sama.

Dijelaskan Revie, Line Makan merupakan hasil kolaborasi dengan Qraved. Pengguna dijanjikan berbagai informasi berbagai tempat makan di sejumlah kota. "Sejumlah promo juga akan diberikan," janji Revie.

Lewat Line Ramadhan, pengguna dapat menunggu waktu berbuka dengan bermain bersama BOT. Ada sejumlah fitur yang bisa dipilih, mulai dari bermain game, kuis hingga ngobrol dengan sesama pengguna lain. "Fitur bot ini merupakan pemenang Libe Developer Challenge 2017," ungkap Revie.

Pengguna pun dapat menikmati serial Webtoon yang dihadirkan khusus selama Ramadhan. Line menyiapkan 31 episode yang dibuat oleh 17 webtoonis dan 14 pemenang webtoon challange. Setiap episodenya akan tayang setiap jam 17.00 WIB.

Selain itu ada pula online video series. Berjudul Menunggu Adan, tiap episodenya akan tayang tiap jam 17.00 - 19.00 WIB dari 27 Mei hingga 9 Juli. "Pengguna dapat ikut menentukan ending video series ini," kata Revie.

KLine juga memberikan filter khusus Ramadhan saat melakukan panggilan video. Selain itu pengguna dapat mengirimkan kartu ucapan Ramdhan dan Lebaran ke rekan-rekannya. "Yang mengirim dan menerima bisa dapat uang, dari Rp 1.000 - Rp 500.000," pungkas Revie. (afr/fyk)