BERITA TERBARU
Selasa, 23 Mei 2017 11:15 WIB

Catatan dari Mountain View

Menjelajah Markas Besar Google yang Unik dan Asyik

Rachmatunnisa - detikInet
Foto: detikINET/Rachmatunnisa Foto: detikINET/Rachmatunnisa
Jakarta - Perusahaan seperti Google memang dikenal dengan kantornya yang unik dan nyaman, malah kadang lebih mirip arena hiburan. Ini dilakukan Google demi membuat karyawannya rileks dan bisa terus memunculkan ide-ide kreatif.

Saksikan video 20detik tentang asyiknya markas Google di sini:


Pekan lalu, detikINET berkesempatan menengok markas Google di Mountain View, California, Amerika Serikat. Dalam tur keliling kantor Google, raksasa internet tersebut memamerkan suasana kantornya yang nyaman dan jauh dari kesan formal.

Untuk masuk ke Googleplex, demikian Google menyebut kantornya, tentu tak bisa sembarangan. Kita harus memiliki tanda pengenal karyawan Google yang mengundang kita (host).

Diantar Communication and Public Affairs Manager Google APAC Batsheva Lazarus Hersch yang menjadi host-nya, detikINET dan sejumlah media lain diajak merasakan sendiri aura menyenangkan bekerja di perusahaan yang dikenal dengan logo warna-warninya tersebut.

Setiap bagian kantor Google didesain tak seragam. Namun yang pasti, santai dan casual. Desainnya benar-benar mencerminkan kultur kerja di Google, kreatif. Di beberapa sudut kantor bahkan terpajang benda-benda yang agak aneh. Misalnya saja replika pesawat luar angkasa Virgin Atlantic. Atau di halamannya, ada kerangka dinosaurus T-rex yang diberi nama Stan.

Keliling Kantor Google yang Unik dan Asyik
Keliling Kantor Google yang Unik dan Asyik
Di gedung Google lainnya, ada satu ruangan khusus bermain game. Mesin game yang disediakan pun beragam mulai dari yang lawas seperti meja pingpong, pinball, bahkan untuk bermain sambil cari keringat dengan nge-dance. Karyawan Google dipersilakan main kapan pun ketika mereka perlu break sejenak.

Belum lagi di bagian luar, berderet taman yang dilengkapi dengan tempat duduk untuk bersantai. Area ini tak jarang menjadi tempat kerja karyawan yang perlu udara segar. Soal akses internet jangan ditanya, Googleplex diselimuti akses internet gratisan yang kencang bagi karyawan dan tamu yang berkunjung ke sana.

Keliling Kantor Google yang Unik dan Asyik
Ketika jam makan siang, Googlers pun langsung menyerbu gedung yang menjadi kantin massal. Untuk menampung karyawannya yang berjumlah ribuan, Google memiliki beberapa kantin. Di sinilah, karyawan bebas melahap apa saja yang disediakan.

Area kantin tersedia indoor maupun outdoor. Desainnya yang terbuka dibuat agar Googlers bisa saling berinteraksi sambil makan dan ujung-ujungnya bisa berkolaborasi satu sama lain.

Untuk urusan perut, Google juga sengaja membuat micro kitchen atau dapur mini di setiap lantai. Ini adalah bagian kantor yang paling diandalkan Googlers ketika mereka perlu camilan.

Google juga membolehkan karyawan membawa anjing peliharaan. Tak heran, di sekitar kantor Google banyak berkeliaran anjing-anjing lucu yang mengikuti Googlers majikannya.

Oh ya, di depan gedung, banyak terparkir Gbike, yakni sepeda khas Google yang bebas dipakai Googlers. Gbike sangat membantu Googlers berpindah dari satu gedung ke gedung lainnya di kampus Google yang luas tersebut.

Keliling Kantor Google yang Unik dan Asyik
Pokoknya, semua fasilitas lengkap mulai soal makanan, fasilitas olahraga, permainan, tempat cukur rambut, untuk bersantai, sampai tidur siang. Asyiknya...

(rns/yud)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed