Senin, 22 Mei 2017 15:05 WIB

Viral, Kisah Gadis Cantik Korut yang Membelot ke Korsel

Fino Yurio Kristo - detikInet
Yeonmi Park. Foto: Instagram Yeonmi Park. Foto: Instagram
Jakarta - Sebenarnya sudah cukup lama Yeonmi Park kabur dari tanah kelahirannya Korea Utara ke Korea Selatan. Namun belakangan kisahnya kembali viral di dunia maya.

Dikutip detikINET dari News.com.au, Senin (22/5/2017), Yeonmi meninggalkan Korut pada usia 13 tahun. Ia lalu berkisah tentang kemalangan hidup di sana dalam forum The One Young World Summit.

Ia sudah cukup lama berbicara di forum itu, tapi kini videonya kembali menjadi viral setelah diposting di Facebook. Terlihat sudah disaksikan lebih dari 65 juta kali.

Banyak juga komentar dari netizen menanggapi kisahnya yang memang mencengangkan. "Korut adalah satu-satunya negara di dunia yang mengeksekusi warga karena melakukan telepon internasional tak berizin," katanya.

Warga Korut dikisahkannya juga bisa dihukum mati hanya karena menonton film Hollywood. Dengan perjuangan teramat berat, dia pun kabur ke China kemudian ke Korsel bersama ibunya untuk meraih kehidupan yang lebih baik.

Yeonmi pun menulis buku tentang pengalamannya itu berjudul In Order To Live. Buku itu mengisahkan tentang pengalaman buruknya di Korut dan pelariannya dari sana.

Kini, Yeonmi yang berparas cantik ini menjalani kehidupan yang jauh lebih baik di Korsel dan cukup terkenal. Di media sosial, dia juga punya lumayan banyak pengikut di Instagram maupun Twitter. Ia pun menjadi aktivis Hak Asasi Manusia.

"Aku tahu ini membahayakan hidupku. Karena Korea Utara kadang membunuh pembelot yang bicara terlalu keras," sebutnya dalam sebuah kesempatan. Ini videonya: (fyk/rou)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed