Minggu, 21 Mei 2017 15:38 WIB

3 Tim Robot dari Jabar Maju ke Kejuaraan Nasional

Wisma Putra - detikInet
Foto: detikINET/Wisma Putra Foto: detikINET/Wisma Putra
Jakarta - Tiga perguruan tinggi di Jawa Barat, berhasil menjuarai Kontes Robot Indonesia (KRI) 2017 Regional II yang diselenggarakan di Telkom University (Tel-U). Prestasi tersebut ditorehkan oleh Tim Robot Tel-U, Istitut Tehnik Bandung (ITB) dan Universitas Indonesia (UI).

Saksikan video 20detik mengenai Kontes Robot Indonesia di sini:


Dari lima kategori yang dilombakan, antara lain Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI), Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI), Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI), Kontes Robot Sepak Bola Indonesia Beroda (KRSBIB) dan Kontes Robot Sepak Bola Indonesia Homanoid (KBSBIH), tiga di antaranya direbut oleh tim robot asal Jabar.

Robot hasil karya mahasiswa Tel-U, ITB dan UI lolos menuju KRI tingkat nasional, yang akan digelar Juli 2017 mendatang di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Kota Bandung, Jabar.

3 Tim Robot dari Jabar Maju ke Kejuaraan NasionalFoto: detikINET/Wisma Putra


Kali ini sebagai tuan rumah, Tim Robot Tel-U Arjuna berhasil menjuarai KPRAI mengalahkan Tim Robot Politeknik Negeri Bandung (Polban) Ciwaruga 2 3 dan Tim Robot Terigas 1 Universitas Tanjungpura Kalimantan Barat.

Ketua Tim Robot Tel-U Amar Maruf mengatakan robot Arjuna berhasil mematikan api dengan hitungan waktu tercepat 50 detik. "Dari tiga trail, robot kami berhasil mematikan api. Kalau tim robot lain maksimal hanya dua trail, kita berhasil tiga trail makannya kita menjadi juara," kata Amar kepada detikINET, di kampus Tel-U, Bojongsoang, Kabupaten Bandung, Sabtu malam (20/5).

Amar mengungkapkan, Tim Robot Arjuna Tel-U sudah mengikuti KRI sejak 2010 lalu. Tercata pada 2011 lalu Tim Robot Arjuna Tel-U pernah menorehkan prestasi terbesar dengan mengikuti kontes robot internasional di Amerika.

"Kita berhasil juara satu," ucap Amar.

3 Tim Robot dari Jabar Maju ke Kejuaraan NasionalFoto: detikINET/Wisma Putra


Kabar lainnya, Tim Robot ITB Dagonfly berhasil menjuarai KRAI mengalahkan Tim Robot Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) C Gotca MP. Pertandingan final antara ITB dan PNUP berlangsung sengit, berakhir 9-4 untuk kemenangat ITB.

"Kami mengikuti KRI sejak tahun 2008 lalu. Ini kemenangan kedua kami pada kejuaraan regional dan pernah sekali menjuarai kejuataan nasional," kata ketua Tim Dagofly ITB Gustav Aditya Permana.

Sementara itu, Tim Robot UI Chakramakara menjuarai KRSBIB setelah mengalahkan Tim Robot Universitas Budi Luhut El Exro Squad. Ketua Tim Robot Chakramakara UI Yusuf Maulana mengungkap persiapan untuk mengikuti KRI 2017 dilakukan selama lima bulan.

"Senang bisa masuk ke babak selanjutnya dan pada pertandingan final tadi telah mengalahkan Unversitas Budi Luhur 4-0," ujar Yusuf.

Untuk kategori KRSTI dimenangkan Tim Robot CMCS Art Politeknik Negeri Ujung Pandang usai mengalahkan Tim Robot Euro Artie Universitas Sam Ratulangi dan untuk kategori KBSBIH diraih Tim Robot Balerang FC Politeknik Negeri Batam yang menyingkirkan Gladiatos UI. (afr/afr)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed