Kamis, 18 Mei 2017 16:28 WIB

Facebook Lanjut Bersih-bersih Berita 'Jebakan'

Muhammad Alif Goenawan - detikInet
Foto: GettyImages Foto: GettyImages
Jakarta - Facebook terus berupaya untuk membuat jejaring sosialnya bebas dari hal negatif. Salah satunya yang terbaru adalah dengan mengurangi peredaran artikel yang sifatnya menjebak atau dikenal dengan istilah clickbait.

Sejak pertama kali diciptakan, Facebook terus mengalami perkembangan yang lebih pesat. Dari yang tadinya berfungsi sebagai platform pertemanan, Facebook kini juga berfungsi sebagai platform untuk menyebarkan informasi.

Namun, ada kalanya link yang terpajang di Facebook tidak sepenuhnya menyampaikan informasi yang benar. Banyak dari judul-judul bombastis yang ketika dibuka berisi informasi yang tidak sesuai harapan dan tidak seheboh judulnya.

Nah, inilah yang membuat Facebook merasa bahwa konten-konten seperti ini harus dibasmi peredarannya. Menurut informasi resmi yang disampaikan, seperti dikutip detikINET dari Ubergizmo, Kamis (18/5/2017), ada dua langkah yang akan diambil Facebook dalam mengurangi peredaran judul artikel clickbait.

"Yang pertama kami akan memperhitungkan clickbait pada tingkat postingan individu, selain di domain dan di tingkat halaman. Kedua, agar membuat ini lebih efektif, kami akan membagi upaya kami menjadi dua sinyal yang terpisah," tulis Facebook.

Upaya bersih-bersih judul clickbait ini sudah dilakukan sejak tahun 2016 lalu. Jejaring sosial milik Mark Zuckerberg ini sampai menyiapkan sebuah tim khusus untuk menyeleksi konten clickbait berdasarkan kriteria-kriteria yang disiapkan.

(mag/yud)
-

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed