Rabu, 17 Mei 2017 19:22 WIB

Wali Kota Semarang Luncurkan Inovasi e-Parkir dan e-PBB

Niken Widya Yunita - detikInet
Walikota Semarang, Hendrar Prihadi. Foto: Pemkot Semarang Walikota Semarang, Hendrar Prihadi. Foto: Pemkot Semarang
Semarang - Sebagai salah satu kota yang menjadi percontohan Smart City di Indonesia, Pemerintah Kota Semarang terus memperkuat eksistensi dengan menerapkan berbagai macam inovasi pelayanan publik bagi masyarakat di Kota Semarang.

Yang terbaru, Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi meluncurkan layanan e-PBB dan e-Parkir bertepatan dengan Pekan Panutan PBB yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Semarang, di Hall Balaikota Semarang, Rabu (17/5/2017).

Wali Kota Semarang yang akrab disapa Hendi tersebut mengatakan melalui inovasi ini masyarakat akan lebih mudah dalam melakukan penyetoran pajak, sehingga pendapatan pajak di Kota Semarang dapat meningkat berkali-kali lipat.

"Inovasi ini sifatnya memaksimalkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan, misalnya dengan e-PBB maka akan memudahkan wajib pajak karena pembayaran bisa diakses di mana saja melalui Android atau smartphone. Dan juga, masyarakat dapat mengetahui apakah data pembayaran PBB miliknya sudah benar ataukah belum,"jelas Wali Kota yang dinobatkan oleh Kemenpan RB sebagai Kepala Daerah Terbaik Se-Indonesia dalam pelayanan publik tahun 2017 ini.

Kepala Badan Pendapatan Daerah, Yudi Mardiana menjelaskan target PBB Perkotaan tahun ini adalah sebesar Rp 330 miliar, yang mana naik sebesar 36,43% dari target tahun lalu sebesar Rp 241 miliar. "Melalui e-PBB ini kami optimistis target tersebut dapat terlampaui," jelas Yudi.

Selain e-PBB, Wali Kota Hendi juga menambahkan jika pajak parkir juga akan meningkat empat kali lipat melalui e-Parkir. Hal ini dikarenakan melalui sistem e-Parkir maka pajak parkir dapat dimonitor secara realtime setiap harinya. "Kalau sudah berjalan sistem e-Parkir ini maka akan meningkat 400%", tambah dia. (fyk/rou)
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed