Minggu, 14 Mei 2017 15:29 WIB

Taiwan Tawarkan Solusi IoT Buat Smart City di Indonesia

Agus Tri Haryanto - detikInet
Suasana acara. Foto: Agus Tri Haryanto/inet Suasana acara. Foto: Agus Tri Haryanto/inet
Jakarta - Indonesia menjadi negara dengan perkembangan teknologi yang cukup pesat. Namun, kesempatan itu dinilai tak sejalan dengan solusi Internet of Things (IoT) yang tersedia.

Padahal berbagai negara telah memanfaatkan sentuhan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) menuju smart city (kota pintar) melalui solusi IoT. Contoh yang telah menerapkan hal itu adalah Taiwan.

Taiwan External Trade Development Council (Taitra) mempunyai cita-cita agar Indonesia dapat juga mengadopsi solusi IoT yang telah lama dianutnya. Didirikan sejak 1970, Taitra sendiri adalah organisasi promosi perdagangan Taiwan.

"Taiwan negaranya lebih kecil daripada Indonesia tapi kami sukses menerapkan solusi IoT. Dengan mulai banyaknya kota-kota Indonesia menuju smart city, tentu bisa sukses diterapkan melalui solusi IoT," ujar Deputy Executive Director Taitra, Tony L.K. Lin di Jakarta baru-baru ini.

Bukan tanpa alasan Taiwan menawarkan solusi IoT, sebab negara di Asia Timur ini memiliki berbagai kelebihan di berbagai kategori. Mulai dari produsen CPU, panel, monitor, perangkat navigasi portable, WLAN, server, dan sektor TIK lainnya.

Di sisi lain, pasar kelas menengah Indonesia tengah mengalami peningkatan, pertumbuhan konsumen rata-rata mencapai 4,7% per tahun. Selain itu, permintaan terhadap produk teknologi di Indonesia juga meningkat.

Solusi yang ditawarkan Taitra ini dihadirkan lewat Taiwan Excellence 2017, sebuah perhelatan pertama yang digelar di Indonesia, tepatnya di Jakarta Convention Center (JCC) sepanjang 12-14 Mei 2017. Selama itu, pengunjung akan disuguhkan berbagai teknologi canggih khas buatan Taiwan.

Produk yang dihadirkan seperti terkait Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), perawatan kesehatan, peralatan olahraga, peralatan air, mesin, dan solusi lainnya. Setidaknya ada 58 merek yang dipamerkan di Taiwan Excellence.

"IoT bukan hanya soal personal pengguna sehari-hari saja tapi menyangkut soal kesehatan sampai transportasi publik dan lainnya. Kami harap solusi IoT kami bisa dibawa ke Indonesia," harapnya. (fyk/fyk)
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed