BERITA TERBARU
Minggu, 14 Mei 2017 13:04 WIB

Tips Asyik Dengar Musik di Spotify

Rachmatunnisa - detikInet
Foto: Rachman Haryanto Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Mendengarkan musik melalui layanan streaming seperti Spotify memang asyik. Selain legal, juga menghemat kapasitas ruang penyimpanan smartphone. Supaya tambah asyik, berikut beberapa tipsnya.

1. Manfaatkan Discover Weekly

Kalau malas mengikuti akun atau playlist orang lain, manfaatkan playlist Discover Weekly. Playlist ini diperbarui setiap Senin dengan 30 lagu baru.

Di sini, lagu-lagu yang ditambahkan dipilih oleh algoritma yang memperkirakan lagu sesuai selera pengguna.

2. Jogging sambil menikmati lagu Spotify

Musik bisa menambah semangat berolahraga. Sambil jogging, kita bisa mendengarkan lagu yang akan mengikuti tempo berlari dengan Spotify Running.

Caranya, di bagian 'Browse' pada aplikasi Spotify, scroll down sampai menemukan boks berlabel 'Running'. Setelah itu, tap playlist 'Recommended For You'.

Aplikasi akan meminta kita mulai berlari untuk menentukan tempo. Kita juga bisa memilih untuk skip dan langsung mulai mendengarkan musik.

3. Tahu cerita lagu lewat 'Behind the Lyric'

Saat mendengarkan musik, kita sering penasaran ingin tahu lagunya tentang apa, atau cerita di balik proses kreatif lagu tersebut. Nah, biasanya akan muncul opsi pop up 'Behind the Lyrics' saat lagu diputar.

Ini adalah semacam pop up information di mana kita bisa mengetahui fakta dan trivia mengenai lagu tersebut. Behind the Lyrics juga menyertakan link ke lirik lagu yang disediakan oleh Genius. Sayangnya, tidak semua lagu muncul pop up Behind the Lyric, terutama untuk lagu-lagu Indonesia.

4. Bikin playlist bareng teman

Misalkan akan mengadakan pesta ulang tahun, pilih lagu-lagu yang disukai Anda dan teman-teman dan satukan dalam sebuah playlist.

Setelah membuat playlist, tap ikon titik tiga (...) di samping 'Play' dan pilih 'Collaborative Playlist.' Setelah itu, kirim link playlist ke teman-teman Anda, sehingga mereka bisa ikut menambahkan lagu.

5. Temukan konser yang cocok dengan selera musik

Browsing jadwal konser musisi kesayangan kadang merepotkan. Di aplikasi Spotify bisa lebih mudah, buka 'Browse, di sana akan ada section 'Concerts'.

Tap 'Concert' dan Anda akan mendapatkan jadwal konser di kota atau negara terdekat dengan Anda yang sudah dipersonalisasi berdasarkan selera musik. Ketika tertarik untuk menyaksikan konser, tinggal tap dan Anda akan diarahkan ke link official untuk membeli tiket konser.

6. Melihat history musik

Jangan sampai kehilangan jejak lagu-lagu yang pernah kita cari dan sukai dengan 'Play Queue'. Di bagian bawah aplikasi Spotify di desktop, klik ikon tiga titik (...).

Di bagian ini, akan tampil lagu-lagu yang di set up Spotify untuk diputar berikutnya, dan 50 lagu terbaru yang pernah didengarkan.

7. Intip lagu-lagu paling hits di tahun lalu

Setiap tahunnya Spotify akan merangkum lagu-lagu paling hits di sepanjang tahun tersebut. List ini biasanya bakal dipromosikan setiap akhir atau awal tahun lewat halaman Spotify's (diikuti tahun yang dimaksud) Wrapped.

8. Dengarkan offline

Mendengarkan offline bisa menghemat data dan membuat kita bisa tetap mendengarkan musik ketika tidak tersambung dengan internet.

Klik playlist yang diinginkan untuk tersedia secara offline. Aktifkan download di bagian atas playlist. Saat lagu sedang didownload, simbol panah berputar akan ditampilkan di sebelahnya.

Catatan, kita hanya bisa mendownload playlist yang diikuti atau dibuat sendiri. Kita juga harus tetap tersambung ke internet setidaknya setiap 30 hari sekali untuk mempertahankan pengaturan musik offline. (rns/fyk)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed