BERITA TERBARU
Selasa, 09 Mei 2017 19:20 WIB

Ini 3 Kota Lumbung Pakar TI di Indonesia

Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: GettyImages Foto: GettyImages
Jakarta - Berbicara sumber tenaga ahli Teknologi Informasi (TI) di Indonesia, hampir dapat dipastikan berasal dari kota-kota di Pulau Jawa. Jadi, kota mana yang menjadi lumbung tenaga ahli TI ini?

Perkumpulan Chief Information Officer Indonesia (iCIO Community) mengungkapkan sampai saat ini baru ada tiga kota yang dinyatakan sebagai lumbung TI.

"Banyak developer berasal dari yang pasti dari Jakarta, Yogyakarta, dan Malang yang dalam hal ini ke arah digital creative. Bandung dan Surabaya ada tapi tidak terlalu," ucap Sekretaris Jenderal iCIO Community, Ongki Kurniawan di Jakarta, Selasa (9/5/2017).

Dilanjutkan Ongki, dia menaruh ketertarikan dengan perkembangan digital di Yogyakarta. Tidak hanya soal developer, konten, tapi juga soal big data hingga analitik ada di daerah sana.

"Cukup menarik, mesti kita pelajari, kenapa area tersebut tumbuh sumbur dan capability-nya juga bagus. Bahkan saat Mark Zuckerberg (CEO Facebook) ke Indonesia, ia mengunjungi Yogyakarta," sebutnya.

Sayangnya saat ditanya soal berapa tenaga ahli TI yang diserap berasal dari tiga kota tersebut, Ongki belum bisa menjawabnya secara pasti. Sebab informasi itu berdasarkan diskusi antar perusahaan, startup, dan para operator seluler.

"Pembicaraan sesama CIO (Chief Information Officer), waktu saya di XL Axiata berbicara startup mereka juga setuju, kalau Yogyakarta yang paling kental," sebut Bos Line Indonesia ini. (fyk/fyk)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed