BERITA TERBARU
Jumat, 28 Apr 2017 14:06 WIB

Komunitas Jadi Tumpuan Menyempurnakan Google Translate

Adi Fida Rahman - detikInet
Foto: Google Foto: Google
Jakarta - Kemampuan penerjemahan Google Translate kini makin akurat. Selain karena teknologi Neural Machine Translation (NMT), Komunitas Terjemahan Google punya andil besar dalam peningkatkan kemampuan tersebut.

Hal tersebut diutarakan Macduff Hughes, Engineering Director Google Translate saat video conference di kantor Google Indonesia, Senayan, Jakarta, Kamis (27/4/2017).

Dia menjelaskan bahwa teknologi NMT mengusung kecerdasan buatan. Cara kerjanya mirip dengan sistem syaraf di otak yang mengumpulkan berbagai macam input, lalu diolah menjadi sebuah output yang relevan.

Teknologi NMT ini diperkenalkan pada November tahun lalu. Pada pengembangannya, teknologi ini mengumpulkan berbagai kalimat yang ada di world wide web untuk dijadikan referensi penerjemahan agar nantinya sesuai konteks.

"Ada 100 miliar kalimat yang dihimpun oleh NMT," kata Macduff.

Komunitas Jadi Tumpuan Menyempurnakan Google TranslateFoto: Google


Selanjutnya dari data yang terkumpul, dikembangkan untuk kemudian dilatih. Setiap bahasa dibutuhkan proses pengembang selama dua minggu. Guna menyempurnakan hasil penerjemahan, raksasa pencarian internet ini dibantu oleh Komunitas Translate Google yang ada di negara masing-masing.

"Kami menggunakan penerjemahan yang sudah divalidasi oleh komunitas," ujarnya.

Kendati kemampuan Google Translate kini sudah lebih akurat dari sebelumnya, tim Macduff tidak berhenti menyempurnakan hasil penerjemahan. Secara berkala, data baru akan selalu tambahkan ke NMT sehingga hasilnya akan lebih baik lagi.

"Kami akan terus meningkatkan kemampuan penerjemahan agar makin mendekati konteks," tutup Macduff. (afr/rns)
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed