Kamis, 20 Apr 2017 12:30 WIB

Facebook Kembangkan Teknologi Pembaca Otak

Rachmatunnisa - detikInet
Foto: GettyImages Foto: GettyImages
Jakarta - Facebook mengungkap salah satu divisi yang selama ini dirahasiakannya, yang disebut Building 8. Divisi ini mengembangkan berbagai teknologi canggih.

Dikutip detikINET dari Reuters, Kamis (20/4/2017) divisi yang dipimpin mantan kepala riset Pentagon Regina Dugan tersebut saat ini sedang mengembangkan teknologi yang memungkinkan manusia berkomunikasi dengan pikiran dan sentuhan.

Dugan menyebutkan, salah satu proyek yang dikerjakan Building 8 sejauh ini adalah teknologi yang membuat orang bisa mengetikkan kata-kata menggunakan pikiran mereka.

"Ini terdengar mustahil, namun sangat mungkin direalisasikan," kata Dugan.

Saat ini, dengan menggunakan implan otak, orang bisa mengetik delapan kata per menit dengan pikiran. Tujuan Facebook, bekerjasama dengan para peneliti dari sejumlah universitas di Amerika Serikat (AS), agar orang bisa mengetik dengan cepat menggunakan pikiran.

"Teknologi ini bisa membantu difabel. Kita juga bisa mengetik pesan ke teman, tanpa perlu mengetik di ponsel," sebutnya.

Proyek Building 8 lainnya, disebutkan Dugan, adalah mewujudkan komunikasi melalui sentuhan. Ide ini merupakan pengembangan dari tulisan Braille untuk tunanetra.

Sebuah video demo memperlihatkan bagaimana dua karyawan Facebook berbicara satu sama lain melalui sentuhan. Salah satu karyawan bernama Frances, menggunakan perangkat elektronik di tangannya.

Sementara yang lainnnya, Freddy, menggunakan program komputer untuk mengirimkan perubahan tekanan pada perangkat di tangan Frances.

"Jika Anda menanyakan Frances apa yang dirasakannnya, dia akan mengatakan bahwa dia mempelajari untuk merasakan bentuk akustik sebuah kata di tangannya," ujarnya. (rns/rou)
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed