Sabtu, 15 Apr 2017 10:50 WIB

Laporan dari Tokyo

Menteri Susi Sempat Heran Dijadikan Tokoh Komik Jepang

Iin Yumiyanti - detikInet
Foto: Iin Yumiyanti Foto: Iin Yumiyanti
Tokyo -

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti sudah melihat komik Jepang yang terinspirasi dirinya di manga yang berjudul Golgo 13. Ia pun awalnya merasa heran dan mengaku tak tahu arti dari komik yang sempat bikin heboh netizen itu.

"Saya heran saja. Kok bisa gitu lho orang Jepang. Hahahaha," ucap Susi dengan santai kala menanggapi dirinya masuk di salah satu karakter komik itu di Hotel Imperial Tokyo, Jepang, Sabtu (15/4/2017).

Baca juga: Heboh! Ada Karakter Komik Jepang Mirip Menteri Susi

Menurut cerita yang beredar di internet, manga itu berkisah tentang penyelundupan narkotika. Dikisahkan, seorang tokoh pemerintah sedang diwawancarai para jurnalis karena keinginannya menenggelamkan kapal-kapal ilegal yang masuk teritori wilayahnya.

Jurnalis ingin memastikan apakah tokoh mirip Susi itu benar-benar akan menghancurkan semua kapal milik negara asing yang menginjak wilayahnya. Sempat disebut, ada kapal ilegal dari Malaysia, Vietnam, juga China.

"Kita tidak bisa membiarkan kapal mana pun termasuk milik China untuk menjajah laut kita," kata sosok orang pemerintahan yang karakternya mirip Susi itu dengan tegas, di dalam adegan berbahasa Jepang.

Sketsa yang beredar di internet kemudian berlanjut pada adegan kapal yang meledak. Adegan itu mirip dengan salah satu aktivitas sungguhan Susi, ketika hendak menenggelamkan kapal ilegal di lautan Indonesia beberapa waktu lalu.

Perawakan sosok itu pun mirip, demikian pula atributnya. Mulai dari pakaian, kacamata, rambut, baret, hingga secangkir kopi di tangan Susi pun dibuat serupa. Saat itu Susi memakai kemeja putih bercorak hitam, kacamata hitam dan topi baret berlambangkan Garuda. Internet bahkan membandingkan foto Susi dan sketsa itu.

Meski begitu, belum bisa dipastikan apakah sang pengarang komik benar-benar terinspirasi dengan Susi dan karakter yang digambarnya adalah sang menteri. Namun yang pasti, Susi sendiri saat ini sedang berkunjung ke Jepang dan juga ditemani oleh para jurnalis.

"Saya sudah lihat komik itu di Twitter. Saya tidak tahu artinya (tulisan di komik itu) apa," komentar Susi di hadapan para jurnalis termasuk detikcom yang ikut mengiringi perjalanan dinasnya di Jepang.





Namun, begitu mengetahui arti dari komik Jepang itu, Susi pun akhirnya bisa bernafas lega. Justru menurutnya, komik itu bagus isinya dan bikin bangga Indonesia.



"Di Jakarta, teman saya orang Australia jalan-jalan di Pasar Senen. Dia lalu mengirim saya foto di Pasar Senen, banyak orang jualan kartun saya. Ada yang saya pakai kapal, ada yang pakai granat," lanjut Susi.

Golgo 13 diketahui sebagai manga tertua yang dipublikasikan di Jepang. Ia telah ada sejak 1968. Ceritanya bermacam-macam, namun menurut Bunsho Kajiya dari penerbit komik Shogakukan Asia, biasanya itu cerita seorang penembak jitu.

"Tapi topiknya berganti-ganti dan pengarang memilih isu internasional. Mungkin karena Menteri Kelautan dan Perikanan Anda sangat terkenal di dunia, maka ada sosoknya. Tapi saya pikir dia [penulis komik] tidak menyebut namanya," ujarnya kepada CNNIndonesia, Jumat (14/4/2017).

Ia melanjutkan, "Bagaimana pun, biasanya penulis tidak menggunakan nama asli di ceritanya. Meski ini terinspirasi dari Menteri Perikanan dan Kelautan Anda sekali pun, saya pikir dia tidak akan menggunakan nama asli [Susi Pudjiastuti]."

Dalam satu bundel komik Golgo 13, bisa satu sampai tiga cerita. Ia juga tidak yakin apakah kapal ikan di Indonesia benar-benar jadi satu cerita tersendiri.

Shogakukan Asia merupakan salah satu penerbit terkenal di Jepang. Komiknya yang populer salah satunya adalah Detective Conan. Golgo 13 bukan komik yang diterbitkan Shogakukan Asia. Tapi terkadang itu menjadi salah satu sisipan dalam serial majalah besar yang mereka terbitkan, bertajuk Big Comic.

Shogakukan Asia sendiri menerbitkan komik berisi figur terkenal dari satu negara, dan berniat melakukan hal yang sama di Indonesia. Edisi terakhir mereka membukukan cerita hidup Lee Kuan Yew, mantan Perdana Menteri Singapura. Bukan tidak mungkin Susi atau tokoh politik lain di Indonesia menjadi inspirasi selanjutnya.

Belum diketahui pula siapa penulis untuk Golgo 13 yang memasukkan sosok Susi itu. Media menyebut Takao Saito, namun komik itu punya tidak hanya satu penulis.

Ini bukan pertama kali tokoh Indonesia masuk dalam komik. Mantan Presiden Soeharto pun sempat dijadikan tokoh komik. Bahkan, baliho kampanye Jokowi-Ahok saat Pilkada DKI Jakarta pernah disisipkan ke komik Batgirl #1 di DC Comics. (rou/rou)
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed