Sambut Ramadan, Agate Siapkan Aplikasi Sahabat Anak Sholeh

Sambut Ramadan, Agate Siapkan Aplikasi Sahabat Anak Sholeh

Adi Fida Rahman - detikInet
Rabu, 12 Apr 2017 08:55 WIB
Foto: Agate
Jakarta - Tak lama lagi umat muslim kembali dipertemukan dengan bulan Ramadan. Menyambut kedatangan bulan suci ini, developer Agate Studio menyiapkan aplikasi edukatif Islami.

"Aplikasi yang bikin anak sholeh belum banyak. Adapun biasanya persatu topik dan segmented, jadi orang tua susah memilih. Jadi kami coba menghadirkan satu aplikasi yang menghadirkan konten lengkap dan terupdate," kata Wiradeva Arif K, Co-Founder Agate Studio saat ditemui usai peluncuran aplikasi Microsoft Teams di Jakarta.

Agate sementara ini memberi nama aplikasinya Sahabat Anak Sholeh. Aplikasi tersebut akan menyuguhkan konten islami yang mendidik untuk anak-anak. Disajikan dalam bentuk cerita yang dibumbui game mini untuk menguji kemampuan sang anak.


Sambut Ramadan, Agate Siapkan Aplikasi Sahabat Anak SholehWiradeva Arief, Co-Founder Agate Studio. Foto: Agate

"Di dalamnya ada interaksi dengan orang tua. Jadi mereka tahu anaknya hari ini belajar apa, sudah mengerti apa. Selain itu aplikasi ini memberikan tips untuk para orang tua," jelas pria yang kerap disapa Devon itu.

Secara berkala Agate akan menyodorkan konten-konten baru diharapkan proses edukasinya berkelanjutan. Setiap konten punya sesi 30 menit. Agate menjanjikan update konten itu diberikan gratis selama setahun

"Jadi hari ini ada konten apa, nanti dua hari ada konten baru lagi. Itu selama setahun. Jadi akan membantu orang tua yang sibuk tapi tetap memberikan edukasi islami pada anaknya," kata Devon.

Sambut Ramadan, Agate Siapkan Aplikasi Sahabat Anak SholehFoto: Agate


Lantas bagaimana monetisasinya? Wira mengatakan pihaknya akan merilis produk fisik, seperti buku, yang dapat dipadukan dengan aplikasi.

"Orang tua lebih memilih aplikasi yang gratis. Tapi jika ada bentuk fisiknya, mereka biasanya bersedia untuk membayar," ujar Devon.

Saat ini aplikasi Sahabat Anak Sholeh sudah diujicobakan. Rencananya aplikasi tersebut akan dirilis jelang Ramadan tiba.

(afr/yud)