Selasa, 11 Apr 2017 15:31 WIB

Trio Penjelajah Antariksa Balik ke Bumi Setelah 6 Bulan

Agus Tri Haryanto - detikInet
Pendaratan 3 astronaut ke bumi. Foto: Reuters Pendaratan 3 astronaut ke bumi. Foto: Reuters
Jakarta - Tiga penjelajah antariksa telah kembali ke bumi usai menjalankan tugas selama enam bulan di Stasiun Luar Angkasa Internasional atau International Space Station (ISS). Ketiganya berhasil mendarat di sebelah tenggara Dzhezkazgan, Kazakhstan.

Ketiga penjelajah yang dimaksud adalah satu astronot Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) Shane Kimbrough dan dua kosmonot Rusia Roscosmos, yaitu Sergey Ryzhikov dan Andrey Borisenko.

Seperti diberitakan Reuters, Selasa (11/4/2017) dan dikutip detikINET, para penjelajah tersebut kembali ke Bumi melalui bantuan dengan duduk di kapsul, di mana saat mendarat dibantu dengan parasut.

"Menyenangkan menjadi bagian hal yang besar, sesuatu yang lebih besar ketimbang dari kita sendiri, bahkan lebih besar dari sebuah bangsa," ungkap Kimbrough dengan riang.

Tiga awak ini selama enam bulan menjalankan misi penelitian di ISS, sebuah laboratorium di luar angkasa senilai USD 100 miliar. ISS ini melayang sekitar 400 kilometer dari permukaan bumi.

Saat ini, ISS dipimpin oleh astronaut NASA bernama Peggy Whitson. Pada 24 April mendatang, Peggy akan memecahkan rekor menjadi astronaut paling lama berada di angkasa, yakni selama 534 hari.

Peggy berada di ISS bersama kosmonot Rusia Oleg Novitskiy dan astronaut Prancis Thomas Pesque. Dua awak baru rencananya akan bergabug bersama mereka pada 20 April. (fyk/fyk)
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed