Kamis, 06 Apr 2017 17:32 WIB

Wisata Antariksa Komersial Siap Meluncur 2018

Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: istimewa Foto: istimewa
Jakarta - Perusahaan Virgin Galactic berambisi untuk menjadi pertama yang menawarkan spaceflight atau jasa wisata luar angkasa bagi masyarakat umum. Program itu memang menjadi impian bos Virgin Galactic, Sir Richard Branson sejak lama.

Sebelumnya Virgin Galactic telah menguji pesawat SpaceShipTwo yang dijadikan kendaraan komersial ke ruang hampa. Namun pengujian pada 31 Oktober 2014 berakhir dengan nahas karena meledak di udara.

Tetapi rintangan itu tak menghalangi ambisi Branson, salah satu orang terkaya di Inggris. Saat ini, Virgin Galactic menyatakan kesiapannya untuk melakukan penerbangan pertama wisata antariksa pada tahun 2018.

"Saya pikir saya akan kecewa jika kita tidak ke luar angkasa dengan tes terbang pada akhir tahun ini dan saya tidak ke luar angkasa sendiri tahun depan dan program ini tidak akan berjalan baik di akhir tahun depan," ujar Branson dilansir dari Space, Kamis (6/4/2017).

Virgin Galactic sendiri belum mengumumkan secara resmi tanggal peluncurannya, tetapi Branson mengatakan pada peluncuran pertama wisata antariksa tahun depan itu nantinya, rencanaya dia sendiri dan keluarga menjadi bagian yang menjajalnya.

SpaceShipTwo sendiri memiliki kapasitas menampung sampai enam penumpang. Sedangkan harga untuk per kursinya bagi mereka yang berminat ke angkasa, dibanderol USD 250 ribu atau setara dengan Rp 3,3 miliar.

Dalam peluncuran menuju ke luar angkasa, SpaceShipTwo akan diangkut oleh pesawat lain bernama WhitKnightTwo sampai ketinggian 50 ribu kaki (15 ribu meter) di atas permukaan laut. Saat itu, SpaceShipTwo dilepas dan menyalakan mesin roket untuk menghantarkan ke area suborbital.

"Program tes ini akan berjalan dengan baik dan selama kita memiliki pilot yang berani melampaui batas, kami rasa dengan 12 tahun kerja keras, kami hampir sampai ke sana," ungkap Branson. (fyk/fyk)
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • Maudy Ayunda Tertarik Bikin Startup, Tapi..

    Maudy Ayunda Tertarik Bikin Startup, Tapi..

    Kamis, 27 Apr 2017 16:59 WIB
    Tak cuma digeluti oleh kalangan pebisnis, industri startup belakangan juga mulai dilirik kalangan selebriti. Lalu bagaimana dengan penyanyi Maudy Ayunda?
  • Ini Dia Sang 13 Startup Pilihan

    Ini Dia Sang 13 Startup Pilihan

    Kamis, 27 Apr 2017 14:50 WIB
    Dari tiga kota pertama yang disambangi Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital, yakni Jakarta, Surabaya, dan Yogyakarta, telah terlahir 13 startup pilihan.