BERITA TERBARU
Kamis, 06 Apr 2017 11:09 WIB

Perpustakaan Kebal Bencana Dibangun di Kutub Utara

Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: flickr Foto: flickr
Jakarta - Dilatarbelakangi mempertahankan dokumen sejarah dan budaya peradaban manusia, sebuah perpustakaan untuk menghadapi hari 'kiamat' telah didirikan di kutub utara Bumi.

Sebuah perusahaan Norwegia bernama Piql baru-baru ini mengumumkan pembangunan World Artic Archive di gunung es Svalbard, Norwegia. Perpustakaan yang menyimpan dokumen secara digital itu ditujukan untuk menyimpan segala data penting dari kerusakan.

Jutaan halaman catatan, buku, surat-surat, dan naskah penting dapat disimpan di World Artic Archive ini. Keberadaan perpustakaan tersebut resmi dibuka pada 27 Maret lalu.

Untuk menyimpan arsip-arsip penting tersebut, dokumen yang berbentuk fisik diubah ke dalam format digital melalui filem fotosensitif, yang diklaim tidak mungkin dapat dimanipulasi.

"Kode-kode ini kebal terhadap hacking, ibaratnya seperti diukir di batu," ujar Pendiri Piql Rune Bjerkestrand dilansir dari Busines Insider, Kamis (6/4/2017).

Klien yang ingin menyimpan arsip di World Artic Archive yang berada di bawah tanah sekitar gunung es Svalbard ini hanya dapat mengambil datanya dengan memintanya secara manual.

Piql menyakini teknologi yang diusungnya dapat melestarikan arsip setidaknya sampai 1.000 tahun, meski secara teknis bisa bertahan jauh lebih lama. World Artic Archive ini yang tampak luarnya udara dingin, di dalam suhunya disesuaikan untuk menjaga kualitas arsip.

Sebagai catatan, Svalbard berada di zona demiliterisasi atau bebas perang, sehingga perpusatakaan itu aman dari ancaman.

Menariknya World Artic Archive ini berada di sebelah Vault Global Seed, sebuah tempat untuk penyimpanan bibit tanaman dari seluruh dunia. Tujuannya sama seperti World Artic Archive, Vault Global Seed ini menyimpan bibit agar dapat bertahan jika terjadi bencana besar. (fyk/fyk)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed