Kamis, 06 Apr 2017 08:36 WIB

Satelit NASA Pensiun, Umbar Jepretan Terakhir Kecantikan Bumi

Rachmatunnisa - detikInet
Foto: NASA Foto: NASA
Jakarta - Lembaga antariksa nasional Amerika Serikat (AS) NASA pekan lalu memensiunkan Earth Observing-1 (EO-1). Salah satu satelit terbaik NASA ini mengakhiri tugasnya setelah 17 tahun mengorbit.

Awalnya, EO-1 mungkin tak dianggap sebagai primadona. Saat diluncurkan, satelit ini 'hanya' ditujukan untuk menguji dan membantu pengembangan teknologi pencitraan Bumi di masa depan.

Diluncurkan pada 21 November 2000, EO-1 kala itu dibenamkan 13 teknologi baru. Yang jelas, seiring keberadaannya mengorbit, EO-1 menunjukkan 'kepiawaiannya' menghasilkan foto-foto cantik Bumi melalui bidikan Advanced Land Imager (ALI).

Satelit NASA Pensiun, Umbar Jepretan Terakhir Kecantikan BumiFoto: NASA


"EO-1 telah mengubah bagaimana pengukuran Bumi dibuat dan digunakan oleh komunitas sains," kata salah satu ilmuwan proyek EO-1 Betsy Middleton, seperti dikutip detikINET dari Digital Trends, Kamis (6/4/2017).


Foto: Cantiknya Bumi dari Jepretan Satelit NASA yang Pensiun



Selama bertugas, EO-1 membuktikan dirinya tak sekadar perangkat. Jepretannya, tak hanya indah, tetapi banyak di antaranya yang merupakan foto-foto Bumi yang belum pernah diambil dari sebuah satelit. EO-1 menjadi yang pertama mengabadikannya.

Satelit NASA Pensiun, Umbar Jepretan Terakhir Kecantikan BumiFoto: NASA

Sejumlah peristiwa alam yang terjadi di Bumi, mulai dari banjir, erupsi lava, menguarnya gas methan, sampai penampakan jalur hutan Amazon yang diremajakan, tertangkap cantik oleh ALI.

Meski telah pensiun, EO-1 masih terus mengorbit hingga lenyap di atmosfer yang diperkirakan terjadi pada 2050.

(rns/afr)
-

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed