Mobil Otonom Uber Kecelakaan Sampai Terguling

Mobil Otonom Uber Kecelakaan Sampai Terguling

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Minggu, 26 Mar 2017 08:23 WIB
Foto: internet
Arizona, Amerika Serikat - Kecelakaan mobil otonom kembali terjadi. Kali ini mobil otonom milik Uber terlibat dalam sebuah kecelakaan di Tempe, Arizona, Amerika Serikat, yang mengakibatkan mobil tanpa sopir itu terguling di jalanan.

Dalam sebuah foto yang diposting di Twitter, terlihat mobil Volvo yang digunakan oleh Uber itu terlihat terguling di dekat sebuah mobil lain yang terlibat dalam kecelakaan tersebut. Dari foto itu terlihat juga mobil tersebut mengalami penyok pada beberapa bagian dan juga kaca jendelanya pecah.

Juru bicara Uber mengkonfirmasi kecelakaan dan kebenaran foto di Twitter tersebut. Namun mereka belum bisa mengkonfirmasi korban pada kecelakaan itu atau pun memberi informasi apakah mobil mereka itu sedang membawa penumpang.

Mobil otonom Uber di negara bagian Arizona memang sudah mulai dikomersilkan pada Februari lalu. Artinya, mereka memang sudah mulai mengambil penumpang menggunakan mobil tanpa sopir tersebut,seperti dikutip detikINET dari Bloomberg, Minggu (26/3/2017).

Kecelakaan ini adalah satu dari sekian banyak kasus yang menimpa Uber belakangan ini. Sebelumnya Uber pernah dituduh sebagai tempat kerja yang diskriminatif terhadap perempuan. Kemudian mereka juga pernah dikritik karena menggunakan alat bernama Greyball agar tak tertangkap oleh pihak berwajib.

Dan terakhir, ada gugatan dari Waymo -- divisi mobil otonom induk usaha Google -- soal pencurian desain komponen penting dari mobil otonom, yaitu light detection and ranging (lidar). Namun,bmenurut Uber tudingan ini tak berdasar. (mag/mag)