Makin Pintar, Alexa bakal Bisa Diajak Ngobrol

Makin Pintar, Alexa bakal Bisa Diajak Ngobrol

Muhammad Alif Goenawan - detikInet
Senin, 13 Mar 2017 12:30 WIB
Foto: istimewa
Jakarta - Kebanyakan asisten virtual yang ada saat ini mungkin hanya bisa merespons pertanyaan. Amazon ingin Alexa, asisten virtualnya, lebih pintar dari Siri, Google Assistant, dan Cortana.

Menurut laporan, nantinya Alexa tak hanya menjawab pertanyaan pengguna secara pasif, tapi juga memulai percakapan. Dengan kata lain, kemungkinan di masa yang akan mendatang pengguna perangkat Amazon bisa mengobrol santai dengan Alexa, mirip adegan alam film Iron Man atau Her.

Pengembangan asisten perintah suara ini sendiri memang tengah dikebut oleh Amazon. Seperti dikutip detikINET dari Ubergizmo, Senin (13/3/2017), Amazon telah berinvestasi habis-habisan dalam pengembangan Alexa. Selain bisa memulai percakapan, fitur terbaru yang sudah digarap adalah push notifications.

Fitur ini memungkinkan Alexa membacakan notifikasi yang diterima melalui aplikasi. Contohnya, ketika masakan yang Anda taruh di oven telah matang, maka Alexa akan memberitahukannya. Atau bila kamera pengintai di rumah mendeteksi adanya pergerakan yang mencurigakan, Alexa akan sigap memberi tahu, tanpa harus melihat ke layar ponsel.

Secara teori yang dipaparkan Amazon, kita akan bisa memerintah Alexa untuk informasi lebih lanjut, seperti mengunci pintu dan lain-lain. Sayangnya, belum ada keterangan lebih pasti kapan fitur ini tersedia. (rns/rns)