Senin, 13 Mar 2017 09:49 WIB

Ambisi Penemu WWW Tumpas Berita Hoax di Internet

Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: ilustrasi/thinkstock Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Penyebaran informasi atau berita palsu (hoax) di internet bikin gerah penemu World Wide Web (WWW), Sir Tim Berners-Lee. Melalui surat terbuka, ia menyatakan keinginan untuk menumpas berita hoax di dunia maya.

Sir Tim menyatakan salah satu penyebab mudahnya peredaran hoax adalah banyak orang mendapat berita dan informasi dari segelintir media sosial dan mesin pencari internet, yang kadang memberikan bayaran pada pembuatnya setiap kali seseorang mengakses.

"Situs itu menunjukkan konten yang mereka pikir kita akan mengkliknya, yang berarti informasi yang salah atau berita palsu, mengejutkan, atau dirancang untuk mendukung keberpihakan kita bisa menyebar seperti api," tutur Sir Tim, seperti dilansir dari Sky News, Senin (13/3/2017).

"Dan melalui penggunaan ilmu data dan bot, orang-orang dengan niat buruk juga bisa memainkan sistem untuk menyebarkan informasi yang salah untuk keuntungan finansial atau politik," sebutnya.

Ilmuwan komputer asal Inggris itu mengecam para politisi yang menyasar para pemilih dengan memanfaatkan algoritma yang canggih, di mana sistemnya bisa mengirimkan pesan media sosial ke orang-orang yang mendukung mereka.

Dia pun menyerukan untuk membuat regulasi yang lebih ketat lagi, terutama soal iklan politik yang dinilai tidak etis untuk disebarkan kepada publik.

Saat ini Sir Tim pun meminta peraturan perundang-undangan dibuat lebih maksimal. Sehingga website semacam Facebook dan Google dapat meningkatkan upaya mereka untuk mengatasi berita palsu.

(yud/yud)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed